web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Rancaekek Banjir, Jalur Bandung-Garut Hampir Terputus

Selasa, 4 Februari 2020 19:11 WIB Mildan Abdalloh

Banjir di Rancaekek, Kabupaten Bandung. (Ayobandung.com)

RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM -- Hujan yang mengguyur deras pada Selasa (4/2/2020) sore membuat jalan Bandung-Garut di Kecamatan Rancaekek, Kabupaten Bandung tergenang banjir, akibatnya jalur tersebut nyaris putus.

Banjir terjadi di depan Pabrik Kahatex dengan ketinggian air kira-kira 30 CM. Walaupun masih bisa dilalui, namun kendaraan hanya bisa berjalan dengan kecepatan rendah.

AYO BACA : Banjir, Jalan Rancaekek Lumpuh Total

Tidak sedikit kendaraan terutama roda dua yang mogok karena memaksakan menerjang genangan air.

Kapolres Sumedang AKBP Dwi Indra Laksmana, melalui Kapolsek Cimanggung Kompol Herdis Suhardiman mengatakan, banjir menggenai kawasan tersebut pada pukul 16.00 WIB, menyusul hujan deras yang terjadi sejak pukul 14.30 WIB.

AYO BACA : 200 Rumah di Rancaekek Terendam Banjir

"Banjir di jalan naik setinggi 20 hingga 30 sentimeter mulai pukul 16.00," ujar Herdis.

Banjir diakibatkan oleh saluran yang tidak mampu menampung debit air. Untuk mengantisipasi kemacetan, polisi mengarahkan kendaraan kecil melintasi lajur kanan. 

"Kendaraan besar seperti bus dan truk diarahkan untuk menggunakan lajur kiri, dan kendaraan kecil seperti motor diarahkan untuk menggunakan lajur kanan karena kondisi jalannya lebih tinggi," ucapnya.

Akibat banjir tersebut, antrean kendaraan mencapai 3 KM, dikarenakan banyak kendaraan mogok dan sebagian kendaraan tidak mau melintasi genangan.

Pihak kepolisian melakukan pengalihan arus kendaraan dari arah Cileunyi ke arah Garut melalui Jatinangor ke arah Pamulihan untuk keluar di Parakan Muncang dan kembali ke Jalan Raya Bandung-Garut untuk menghindari kemacetan.

AYO BACA : Ini Jurus Pemprov Tangani Banjir di Rancaekek

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers