web analytics
  

Bahaya Tidur Tengkurap bagi Janin, Leher, dan Punggung

Selasa, 4 Februari 2020 16:05 WIB

[Ilustrasi] Tidur tengkurap. (Pixabay)

Berat badan ekstra saat hamil berisiko menekan tulang punggung, yang akan semakin parah jika tidur tengkurap.

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Dari sekian posisi tidur, tengkurap paling tidak dianjurkan karena berbahaya bagi janin, leher, dan punggung.

Mengutip dari Suara.com, Selasa (4/2/2020), berikut penjelasan bahaya tidur tengkurap.

1. Punggung dan tulang belakang

AYO BACA : Pola Tidur Ini Bisa Bikin Kulit Bersih, Kencang, dan Bercahaya

Keseringan tidur tengkurap membuat tubuh terasa nyeri, terutama di bagian punggung dan tulang belakang. Hasilnya, kualitas tidur akan berkurang dan Anda tidak terbangun dengan perasaan segar di pagi hari.

Tidur tengkurap menempatkan ketegangan di bagian tulang belakang dan punggung Anda. Hal ini karena sebagian besar berat badan Anda terletak di bagian tengah tubuh.

Tekanan pada tulang belakang Anda juga akan meningkatkan tekanan pada bagian struktur tubuh lainnya. Selain itu, karena tulang belakang yang memanjang merupakan semacam aliran pipa bagi syaraf-syaraf tubuh, maka tekanan di bagian tersebut dapat menyebabkan rasa sakit di area tubuh bagian manapun.

2. Leher

AYO BACA : King Kobra 3 Meter Ditemukan di Bawah Tempat Tidur Warga di Purwakarta

Saat tidur tengkurap, kepala otomatis akan dimiringkan ke kanan atau kiri agar tidak mengganggu pernapasan. Hal ini membuat risiko leher terpelintir menjadi sangat besar.

Posisi tidur tengkurap juga berisiko membuat seseorang mengalami herniated disk, yakni gangguan saraf belakang yang bisa membuat iritasi saraf.

3. Janin dan kandungan

Ibu hamil dilarang keras tidur tengkurap karena berbahaya bagi janin dan kandungan. Berat badan ekstra saat hamil berisiko menekan tulang punggung, yang akan semakin parah jika tidur tengkurap.

Sebuah studi yang dilakukan pada tahun 2012 menunjukkan bahwa posisi tidur terbaik saat hamil adalah tidur menyamping. Posisi ini akan memperlancar peredaran darah dan menyediakan level oksigen secara optimal bagi bayi di dalam kandungan.

Sebaliknya, saat tidur tengkurap, peredaran darah tidak berjalan lancar dan asupan oksigen untuk bayi otomatis menjadi berkurang.

AYO BACA : 7 Makanan yang Buat Tidurmu Nyenyak, dari Keju hingga Alpukat

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers