web analytics
  

Cegah Virus Corona, Indonesia Akan Setop Impor Hewan Hidup dari China

Senin, 3 Februari 2020 22:27 WIB
Bisnis - Finansial, Cegah Virus Corona, Indonesia Akan Setop Impor Hewan Hidup dari China, Virus Corona, Menteri Perdagangan Agus Suparmanto, Setop Impor Hewan Hidup dari China,

Virus Corona. (Reuters)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Menteri Perdagangan Agus Suparmanto bakal mengkaji ulang sejumlah produk impor asal China yang masuk ke Indonesia. Kebijakan ini imbas merebaknya virus corona di negara tersebut.

Salah satu produk impor yang bakal disetop adalah hewan hidup.

"Produk-produk yang mungkin, belum tentu produk itu membawa virus, yang jelas sekarang itu berkaitan dengan hewan hidup, tapi yang lain masih kami pertimbangkan. Tapi belum final," kata Agus sesuai rapat koordinasi di Kantor Kemenko Ekonomi terkait dampak virus corona terhadap sektor perdagangan dan pariwisata RI, Senin (3/2/2020).

AYO BACA : Pemerintah Berlakukan Larangan Terbang Indonesia-China Mulai 5 Februari

Meski begitu, Agus menyebut kebijakan ini belum final karena masih harus menunggu rakor lanjutan terutama jenis-jenis produk impor yang perlu diantisipasi.

"Mengenai pemberhentian impor baru akan kami lakukan, tapi spesifik apa yang terkait virus korona ini masih kami rapatkan satu kali lagi koordinasi dengan kementerian lain, mendetilkan supaya tidak salah sasaran," kata Agus.

Agus mengatakan belum ada keputusan yang konkret soal rencana penghentian sementara impor produk asal China, karena mempertimbangkan banyak aspek, baik dari dunia usaha maupun aspek yang lain.

"Ini kan pergerakan orang-orang terutama turis, pelaku bisnis juga. Kita tidak bisa juga menghambat dunia usaha. Kami harus menyampaikannya secara tepat supaya masyarakat tidak terlalu khawatir," kata dia.

AYO BACA : Apple Tutup Semua Tokonya di Cina Akibat Wabah Virus Corona

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers