web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ini Penyebab Orang Suka Bergosip dan Manfaatnya Menurut Peneliti

Jumat, 31 Januari 2020 14:23 WIB

[Ilustrasi] Gosip. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah studi baru yang diterbitkan dalam jurnal Social Psychological and Personality Science menemukan bahwa orang bisa menghabiskan sekitar 52 menit per hari untuk bergosip, demikian In Style.

Lalu, mengapa kita menggunakan hampir satu jam waktu berharga untuk mengobrol tentang kehidupan orang lain? Semenarik itulah gosip?

AYO BACA : Ini Penyebab Kenapa Wanita Senang Bergosip

Seorang profesor psikologi dan ilmu saraf di Universitas Duke, Mark Leary, PhD, yang berspesialisasi dalam psikologi sosial dan pribadi, menjelaskan bahwa bergosip adalah naluri manusia yang mendasar karena kehidupan kita berakar dalam kelompok.

"Mengingat hal itu, mereka perlu memiliki informasi sebanyak mungkin tentang orang-orang di sekitar mereka untuk mengetahui seperti apa orang lain, siapa yang bisa dan tidak bisa dipercaya, siapa yang berteman dengan siapa dan lainnya," kata Mark Leary.

AYO BACA : 5 Alasan Teman Kerjamu Membenci Kamu

Mark menambahkan, gosip bisa mengajari kita tentang orang yang menjadi subjek pembicaraan dan tentang orang yang berbicara.

"Saya bisa belajar hal-hal tentang sikap, kepercayaan, dan cara berurusan dengan orang-orang dengan melihat siapa dan apa yang kamu gosipkan. Bahkan jika saya tidak bergabung, hanya dengan mendengar gosip orang memberi tahu saya hal-hal tentang apa yang mereka anggap penting, apakah mereka dapat dipercaya untuk menyimpan rahasia, dan sebagainya," ungkap Mark.

Selain itu, gosip rupanya dapat memperkuat ikatan sosial. Sebuah studi tahun 2014 yang diterbitkan dalam jurnal Psychological Science menemukan bahwa gosip dapat meningkatkan kerja sama kelompok dan membuat anggota menjadi lebih rendah hati.

Tentu saja, kita tidak bisa melupakan bahwa bergosip terkadang membawa efek jelek. Intinya, gosip dapat memisahkan maupun menyatukan orang dengan mudah.

"Pada dasarnya, berbagi informasi tentang orang lain adalah penting," kata Mark Leary.

AYO BACA : Dampak Buruk Gosip, Bisa Jadi Penyebab Depresi hingga Bunuh Diri

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers