web analytics
  

Tak Ada Anggaran, Dinsos Tasik Akui Fasilitas Umum Belum Ramah Difabel

Jumat, 31 Januari 2020 13:27 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Tak Ada Anggaran, Dinsos Tasik Akui Fasilitas Umum Belum Ramah Difabel, ramah difabel, hak difabel, berita tasikmalaya, ayotasik, tasikmalaya hari ini

Ilustrasi fasilitas ramah difabel. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Sekretaris Dinas Sosial, Pemberdayaan Masyarakat, Desa,  Perlindungan Perempuan dan Anak Kabupaten Tasikmalaya Eli Hendalia mengakui, tidak ada anggaran khusus untuk kaum difabel. Namun menurutnya, mengenai hal itu Kabupaten Tasikmalaya mendapatkan dukungan dari Kementerian Sosial (Kemensos).

Tidak hanya anggaran, kata Eli, pihaknya juga menyadari fasilitas umum seperti trotoar dan taman belum ramah bagi difabel.

AYO BACA : Siswi MI Korban Dugaan Perundungan di Tasik Meninggal Dunia

"Kita akui untuk anggaran juga tidak ada. Fasilitas umum juga masih belum ramah terhadap penyandang disabilitas," kata Eli melalui sambungan telepon, Jumat (31/1/2020).

Ia menjelaskan, selain anggaran, fasilitas umum, kesehatan, hingga pendidikan di Kabupaten Tasikmalaya juga belum menyentuh kebutuhan difabel. Trotoar, misalnya, masih diperuntukan untuk masyarakat di luar difabel.

AYO BACA : Longsor Timbun Irigasi Sawah yang Baru Sebulan Ditanam Padi di Tasikmalaya

"Termasuk fasilitas umum, belum ramah disabilitas. Terima kasih kami selaku dinas sudah diingatkan soal itu," papar Eli.

Pihaknya, lanjut Eli, pada 2020 ini sudah mengkordinasikan terkait infrastruktur yang ramah difabel kepada Bappeda dan Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang Perumahan dan Pemukiman, termasuk pada penciptaan fasilitas umum yang ramah anak.

"Sudah kita kordinasi dengan Bappeda, dengan PU untuk pembangunan nantinya bisa diadakan fasilitas untuk disabilitas," ungkapnya.

AYO BACA : Trotoar Kabupaten Tasikmalaya Dinilai Belum Ramah Difabel

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers