web analytics
  

Doa Setelah Mendengar Azan dan Keutamaannya

Jumat, 31 Januari 2020 11:13 WIB
Gaya Hidup - Fashion, Doa Setelah Mendengar Azan dan Keutamaannya, doa setelah azan, keutamaan doa setelah azan, doa sederhana, doa baik

Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Rasulullah SAW mengajarkan satu doa yang lafaznya sederhana namun memiliki keutamaan bagi yang membacanya, yakni doa setelah mendengar atau pun mengumandangkan azan.   

Sebab itu doa ini tak hanya menjadi doa yang perlu dibaca seorang muazin ketika selesai mengumandangkan azan. Namun juga setiap Muslim yang mendengarkan kumandang aza

AYO BACA : Ini Doa dan Pengharapan Warga Tionghoa Cirebon di Hari Raya Imlek

Contoh doa yang diajarkan Nabi Muhammad ketika seorang hamba mendengar azan selesai berkumandang hendaknya memanjatkan doa:  

اللَّهُمَّ رَبَّ هَذِهِ الدَّعْوَةِ التَّامَّةِ وَالصَّلَاةِ الْقَائِمَةِ آتِ مُحَمَّدًا الْوَسِيلَةَ وَالْفَضِيلَةَ وَابْعَثْهُ مَقَامًا مَحْمُودًا الَّذِي وَعَدْتَهُ

AYO BACA : Doa agar Diberi Ketabahan Saat Sakit

Allahumma rabba hadzihid da’watit taammah, wasshalatil qaimah, ati Muhammadinil wasilata wal fadhilah wab’atshu maqamammahmudanilladzi wa’attah.

Artinya : Ya Allah, rabb pemilik seruan yang sempurna ini. dan shalat yang akan didirikan, berikanlah wasilah (kedudukan tinggi di surga) dan keutamaan kepada Muhammad. Bangkitkan lah Ia pada kedudukan yang terpuji sebagaimana yang Engkau telah janjikan.

Rasullullah menjelaskan bahwa siapa yang memanjatkan doa setelah azan seperti lafal doa tersebut maka orang tersebut berhak untuk mendapatkan syafaat dari Rasulullah di hari kiamat.   

Keterangan ini dapat ditemukan dalam hadis riwayat Bukhari dengan jalur hadis dari Ali bin Ayyasy, Syuaib bin Abi Hamzah Dinar, Muhammad bin Al Munkadir, hingga Jabir bin Abdullah. Penjelasan seputar topik ini bisa didapat di kitab Fath al-Bari dapat ditemukan pada nomor 614.

AYO BACA : Doa Setelah Wudhu dan Beragam Manfaatnya

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers