web analytics
  

Ini Daftar Kota Terpadat di Dunia, Apa Kotamu Masuk?

Jumat, 31 Januari 2020 09:43 WIB
Umum - Internasional, Ini Daftar Kota Terpadat di Dunia, Apa Kotamu Masuk?, kota terpadat, kota terpadat di dunia, kota paling padat, india

Menurut penelitian ini, kota Bengaluru, India menempati urutan pertama kota terpadat di dunia, sementara Jakarta menduduki urutan ke sepuluh (Foto: lalu lintas padat di India). (Flickr)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sebuah indeks lalu lintas bernama Tom-Tom merilis daftar kota paling padat di dunia. Penelitian ini menunjukan kota Bengaluru, India menempati urutan pertama kota terpadat di dunia, sementara Jakarta menduduki urutan ke sepuluh.

Dilansir di laman Wired, Jumat (31/1), lima kota yang lain yang menduduki kota terpadat setelah Bengaluru, adalah Manila, Bogotá, Mumbai, dan Pune. Menurut penelitian itu, atas kepadatan itu, kota-kota mega tersebut memiliki lalu lintas terburuk di dunia.

Laporan yang dirilis oleh perusahaan navigasi dan pemetaan Belanda pada hari Selasa (28/1) itu memberi peringkat kota-kota dengan waktu rata-rata yang ditambahkan dalam perjalanan. Ini juga mencakup perincian tentang kapan kemacetan terberat dan teringan, bagaimana jalan raya dibandingkan dengan permukaan jalan, dan berapa banyak pengemudi waktu yang terbuang menunggu pengemudi lain untuk keluar dari jalan mereka.

Salah satu perwakilan dari TomTom, Nick Cohn mengatakan, sangat mudah untuk melihat mengapa kota-kota di India, Asia Tenggara, dan Amerika Selatan mendominasi daftar teratas ini. Dia melanjutkan, akibatnya hal itu membuat tidak cukupnya alternatif bagi masyarakat untuk berkeliling.

"Ini sebagian karena kesuksesan ekonomi yang besar," kata Cohn.

AYO BACA : Cegah Virus Korona, AP I Perketat Pemeriksaan Penumpang

Dia mencontohkan, kota Bengaluru, yang populasinya meningkat kira-kira dua kali lipat sejak 2001. Diperlukan jalan, manajemen lalu lintas, dan sistem transit yang diperlukan untuk memindahkan semua para penghuni kota.

TomTom mengambil datanya dari lebih dari 600 juta pengemudi yang menggunakan petanya, baik pada perangkat navigasi aftermarket sekolah lama. Mereka melakukannya melalui sistem navigasi built-in mobil mereka, atau aplikasi ponsel pintar.

Pengguna tidak perlu melihat logo TomTom untuk menjadi bagian dari datanya. Sebab, perusahaan menyediakan data untuk Apple Maps, dan baru-baru ini membuat kesepakatan untuk melakukan hal yang sama untuk Huawei.

Laporan lalu lintas tersedia secara gratis, tetapi kota-kota yang menginginkan jenis data penyelaman mendalam yang diperlukan untuk mengurangi kemacetan harus membayar.  TomTom menawarkan data lalu lintas real-time, reporter acara yang mencatat hal-hal seperti penutupan jalan, data historis yang berasal dari 2008, analisis yang lebih disukai pengemudi rute daripada yang lain, dan banyak lagi.

Jika dikonfirmasi bahwa kota Anda padat macet tidak cukup buruk, laporan itu juga melacak lalu lintas dari satu tahun ke tahun berikutnya, yang dimana  jumlahnya tidak menggembirakan.

AYO BACA : Anggota DPR Desak 70 Kontainer Sampah Impor di Tanjungpriok Dipulangkan

Dari 2018 hingga 2019, lalu lintas memburuk di sebagian besar 436 kota yang diperingkat, namun beberapa kota juga terlihat ada perbaikan. Di AS, setidaknya, beberapa di antaranya dapat disalahkan pada ekonomi yang kuat.

Semakin banyak orang yang bekerja berarti semakin banyak orang yang mengemudi. Ini juga berarti lebih banyak kemacetan di 44 dari 80 kota di AS yang terdaftar.  Hanya lima, yaitu di Columbus, Detroit, Louisville, Milwaukee, dan Cleveland menunjukkan menurun.

Cohn pun mendesak perencana kota agar tidak memberikan saran agar pengemudi bisa mengemudi dengan lebih mudah.  "Saya benar-benar tidak percaya bahwa mungkin, setidaknya di sisi jalan, untuk membangun jalan keluar dari kemacetan," katanya.

Dia menyarankan manajemen lalu lintas yang lebih baik. Contohnya hal-hal seperti lampu lalu lintas yang lebih baik, tetapi juga lebih banyak bus, infrastruktur bersepeda yang lebih baik, dan alat yang lebih pintar untuk memandu orang menjauh dari mobil.

Helsinki, misalnya, memungkinkan orang merencanakan dan membayar perjalanan multimodal dalam satu aplikasi. Sehingga mereka tidak perlu mengumpulkan informasi yang berbeda mengenai jadwal transit, lokasi berbagi sepeda, dan sebagainya.

"Anda tidak perlu menambah kapasitas, namun hanya perlu menggunakan apa yang kamu miliki dengan cara yang lebih pintar," jelas dia.

AYO BACA : Promosikan Sup Kelelawar, Presenter Cina Ini Minta Maaf Usai Corona Menyebar

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

terbaru

Madinah Ditetapkan Jadi Kota Tersehat di Dunia

Internasional Minggu, 24 Januari 2021 | 09:43 WIB

Akreditasi itu diperoleh setelah tim dari WHO melakukan kunjungan, dan menyebut kota tersebut memenuhi semua standar glo...

Umum - Internasional, Madinah Ditetapkan Jadi Kota Tersehat di Dunia, Madinah Kota Tersehat,Madinah,Kota tersehat di dunia,WHO,World Health Organization (WHO)

Wow! Ini Besaran Gaji Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat

Internasional Sabtu, 23 Januari 2021 | 08:30 WIB

Joe Biden telah resmi menjabat sebagai presiden ke-46 Amerika pada hari Rabu (20/1/21). Saat pertama kali masuk ke Kong...

Umum - Internasional, Wow! Ini Besaran Gaji Joe Biden sebagai Presiden Amerika Serikat, Joe Biden,Gaji Joe Biden,presiden amerika serikat,Gaji Presiden AS,Kekayaan Joe Biden

Waspadai Virus Corona Baru, Beijing Lakukan Tes Covid-19 Massal

Internasional Jumat, 22 Januari 2021 | 19:49 WIB

Pemerintah China mewaspadai munculnya varian baru virus Corona yang disebut lebih mudah menular.

Umum - Internasional, Waspadai Virus Corona Baru, Beijing Lakukan Tes Covid-19 Massal, Tes Covid-19,Beijing,Virus Corona Baru

Cina Rilis Film Covid-19

Internasional Jumat, 22 Januari 2021 | 18:11 WIB

Film tersebut untuk memperingati 76 hari lockdown di wilayah itu.

Umum - Internasional, Cina Rilis Film Covid-19, film Covid-19, Wuhan,Cina,COVID-19,film Days and Night in Wuhan

Apa Tugas-Tugas Wakil Presiden AS, Kamala Harris?

Internasional Jumat, 22 Januari 2021 | 13:49 WIB

Harris menghadiri semua rapat penting selama transisi pemerintahan.

Umum - Internasional, Apa Tugas-Tugas Wakil Presiden AS,  Kamala Harris?, Kamala Harris,Wakil Presiden Amerika Serikat (AS),Barbara Perry,tugas wakil presiden AS,Joe Biden,Barack Obama,Harris mengisi kelemahan Biden

Belasan Ribu Warga Israel Positif Covid-19 Setelah Divaksin Pfizer

Internasional Jumat, 22 Januari 2021 | 11:50 WIB

Lebih dari 12.400 orang Israel terinfeksi virus corona Covid-19. Padahal mereka sudah menerima vaksinasi Covid-19 Pfizer...

Umum - Internasional, Belasan Ribu Warga Israel Positif Covid-19 Setelah Divaksin Pfizer, Vaksin Pfizer,Warga Israel positif Covid,positif Covid-19 setelah vaksinisasi,Vaksinisasi Pfizer,internasional,Vaksinisasi di Israel

Cina Klaim sebagai Penemu Kimchi, Korea Melawan

Internasional Jumat, 22 Januari 2021 | 06:40 WIB

Aktivis sekaligus akademisi Korea Selatan yang terkenal menggunakan iklan untuk menepis klaim Cina tentang negara yang m...

Umum - Internasional, Cina Klaim sebagai Penemu Kimchi, Korea Melawan, kimchi,Cara Membuat Kimchi,Perang Kimchi,Kimchi Korea Selatan,Cina Klaim Penemu Kimchi

Joe Biden dapat Surat Pribadi dari Donald Trump

Internasional Kamis, 21 Januari 2021 | 19:22 WIB

Donald Trump meninggalkan surat kepada penggantinya Joe Biden sebelum meninggalkan Gedung Putih. Biden menyatakan, surat...

Umum - Internasional, Joe Biden dapat Surat Pribadi dari Donald Trump, Joe Biden,Donald Trump,Surat Pribadi

artikel terkait

dewanpers