web analytics
  

Kini Lebih Futuristik, Yuk Kunjungi 'Rumah T-Rex' di Museum Geologi Bandung

Rabu, 29 Januari 2020 14:36 WIB Nur Khansa Ranawati
Gaya Hidup - Wisata, Kini Lebih Futuristik, Yuk Kunjungi 'Rumah T-Rex' di Museum Geologi Bandung, Museum Geologi, Museum bandung, rumah t-rex, wisata bandung, ayobandung, bandung hari ini, berita bandung

Rumah T-Rex di Museum Geologi, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini, wajah ruang pamer benda-benda yang tersimpan di Museum Geologi Bandung telah dibenahi. Salah satu yang paling anyar diperbaiki adalah area ruang pamer "Sejarah Kehidupan" yang memuat berbagai fosil dan replika fosil makhluk hidup di bumi sejak masa lampau hingga masa kini.

Area tersebut juga merupakan salah satu area yang paling banyak dicari para pengunjung museum yang terletak di Jalan Diponegoro ini karena keberadaan replika fosil T-Rex yang ikonik. Setelah direvitalisasi selama 6 bulan, area ini diresmikan dan kembali dibuka untuk umum pada Rabu (29/1/2020).

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, perubahan yang paling mencolok dari ruang pamer tersebut adalah display-nya yang dibuat lebih modern dengan nuansa futuristik. Tak hanya memajang fosil dan deskripsinya, hampir di setiap kategori pajangan yang ada terdapat peranti multimedia yang dapat diakses pengunjung.

Peranti berupa tablet tersebut dapat dimanfaatkan pengunjung sebagai papan informasi interaktif. Di beberapa tempat juga disediakan layar yang menampilkan cerita animasi mengenai fase-fase kehidupan di bumi. Mulai dari era dinosaurus hingga manusia purba.

Sebelumnya, di area ini pengunjung hanya dapat menyimak setiap fosil dan artefak yang disimpan dengan membaca deskripsi tertulis yang disediakan. Namun, saat ini penjelasan dari masing-masing fosil yang tersimpan dapat diakses secara lebih menarik.

20200129-111129

AYO BACA : Museum Geologi Bandung Resmikan Ruang Pamer 'Sejarah Kehidupan'

Rumah T-Rex di Museum Geologi, Kota Bandung. (Ayobandung.com/Nur Khansa Ranawati)

Terdapat pula layar besar yang menyambut pengunjung di sisi kanan ruangan begitu melangkahkan kaki masuk ke ruang pamer ini. Layar cekung tersebut menampilkan video yang menunjukan awal mula terbentuknya kehidupan di bumi.

Salah satu pengunjung, Nur Fidhiah (24) mengatakan museum tersebut menjadi lebih menarik dan informatif dibanding sebelumnya. Kesan 'jadul' yang sebelumnya melekat pun hilang seiring dengan berbagai teknologi yang dihadirkan.

"Museumnya jadi lebih menyenagkan, lebih mudah juga cari informasi tentang koleksinya. Sekarang lebih mirip tempat wisata kekinian," ungkapnya pada Ayobandung.com.

Kepala Badan Geologi Kementrian Energi dan Sumber Daya Mineral Rudy Suhendar mengatakan, revitalisasi ini merupakan revitalisais tahap awal. Nantiya akan ada revitalisasi lanjutan yang akan dilakukan tahun ini dengan fokus membenahi fasilitas kenyamanan pengunjung.

"Nanti akan ada revitalisasi tahap lanjut, fokusnya pada peningkatan kenyamanan pengunjung. Museum Geologi akan dibuat ramah disabilitas," ungkapnya. 

AYO BACA : Buka Sampai Malam, Museum Geologi Hapus Stigma Museum Angker

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers