web analytics
  

Bikin Menderita, Wanita Ini Idap Fobia akan Kesehatannya

Rabu, 29 Januari 2020 09:42 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Bikin Menderita, Wanita Ini Idap Fobia akan Kesehatannya, fobia aneh, fobia sakit, tanda fobia, fobia ayam, fobia hujan, fobia lengkap, apa itu fobia, fobia adalah, fobia baru, nama-nama fobia, fobia Wanita, fobia Kesehatan,

[Ilustrasi] Fobia akan kondisi kesehatan. (Pixabay)

Akhirnya Sian memutuskan mengonsumsi obat untuk mengontrol kecemasannya. Sayangnya, dia sudah terlalu sering mengonsumsi obat hingga tubuhnya menolak dan muntah-muntah.

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Sian Maclean menderita fobia akan kesehatannya yang membuatnya sangat menderita. Dia takut jatuh sakit. Mirisnya, hal itulah yang kemudian membuatnya sakit-sakitan.

Melansir Daily Star, Rabu (29/1/2020), wanita berumur 22 tahun ini menderita emetophobia, yaitu kondisi ketika seseorang merasakan kecemasan berlebihan tentang kesehatannya.

AYO BACA: Aneh, Pemain Bola Ini Fobia Masuk Lift

AYO BACA : Fobia terhadap Hujan dan 5 Ketakutan Lainnya yang Aneh

Awalnya, Sian ketakutan karena melihat orang sakit ketika dia berada di bandara. Kala itu, usianya baru 6 tahun. Rupanya, kejadian tersebut membekas dalam ingatannya dan jadi trauma.

Lama-kelamaan, Sian merasa cemas berlebihan, terutama ketika melihat teman atau orang dalam lingkungannya jatuh sakit. Belakangan, dia sadar tengah mengalami emetophobia.

Suatu hari, Sian pernah pulang ke rumah karena temannya jatuh sakit di sekolah. Hal ini mengganggu kehidupannya. Dia jadi cepat merasa cemas karena takut merasa sakit seperti orang-orang itu.

AYO BACA: Takut Berkumpul dengan Keluarga, Mungkin Kamu Alami Fobia

AYO BACA : Fobia Datangkan Rezeki Ala Ruben Onsu

Akhirnya Sian memutuskan mengonsumsi obat untuk mengontrol kecemasannya. Sayangnya, dia sudah terlalu sering mengonsumsi obat hingga tubuhnya menolak dan muntah-muntah.

Di sisi lain, saking hebatnya kecemasan yang dia alami, Sian sampai mengalami gejala serangan jantung.

"Aku merasa sangat cemas. Terlalu banyak minum obat membuatku semakin sakit dan tubuhku tidak tahu bagaimana harus bereaksi," ujar Sian.

"Suatu kali aku merasa jatuh sakit dan mulai memiliki gerakan tubuh yang intens, rasanya seperti mengalami serangan jantung karena jantungku terasa berdetak hingga keluar dari dada," ungkapnya.

Tahun 2017 menjadi periode yang paling berat bagi Sian karena tidak bisa bekerja. Nafsu makannya mulai hilang dan dia merasa kesakitan luar biasa. Dia menjadi sangat takut dan itu justru memperparah fobianya.

Kini, hidup Sian mulai membaik. Dia bisa mengatasi fobianya dengan terapi exposure. Caranya, dia menonton video tentang orang sakit selama 5 menit setiap hari. Dengan begitu, dia bisa melawan kecemasannya secara bertahap.

AYO BACA : Eggi Sudjana Alami Fobia Ruang Sempit dan Halusinasi

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers