web analytics
  

Kerap Digenangi Banjir, Distarkim Purwakarta Bangun Drainase di Sekitar Situ Buleud

Selasa, 28 Januari 2020 10:35 WIB Dede Nurhasanudin
Umum - Regional, Kerap Digenangi Banjir, Distarkim Purwakarta Bangun Drainase di Sekitar Situ Buleud, banjir situ buleud, distarkim purwakarta, taman air mancur sri baduga, wisata purwakarta

Pembangunan drainase di sekitar Situ Buleud. (ayopurwakarta.com/Dede)

PURWAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Kabupaten Purwakarta melalui Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) tengah mengerjakan saluran air di wilayah perkotaan. Saluran air yang dalam tahap pengerjaan yaitu di sekitaran Taman Air Mancur Sri Baduga (Situ Buleud). Karena di sekitaran itu genangan air sering muncul ketika diguyur hujan.

Kepala Distarkim Purwakarta, Agung Wahyudi melalui Kepala Bidang Perumahan dan Permukiman (Perkim) pada Dinas Tata Ruang dan Permukiman (Distarkim) Kabupaten Purwakarta, Burhan Noor Dayan mengatakan, pihaknya tengah melakukan perbaikan saluran air sepanjang 579 meter dari depan kantor Bakorwil sampai dengan belakang Pasar Rebo. Adapun jumlah anggaran yang disiapkan untuk pengerjaan saluran air itu sebesar 2,9 miliar.

AYO BACA : Ajukan Rp10 Miliar untuk JPU, Distarkim Purwakarta Hanya Dapat Rp800 Juta

"Perbaikan saluran air saat ini telah mencapai 90%, artinya tidak lama lagi pengerjaan akan selesai," ungkap dia, Selasa (28/1/2020).

Ia berharap setelah pengerjaan selesai diharapkan genangan air di sekitar Situ Buleud dapat diminimalisasi. Sehingga banjir cileuncang tidak kembi terulang meski diguyur hujan dengan intensitas tinggi.

AYO BACA : Disnakan Pastikan Hewan Ternak di Purwakarta Bebas Virus Antraks

"Intinya kita optimalkan pengerjaan saluran air di sana, sehingga banjir tidak kembali terulang," ujar dia.

Tidak hanya itu, dia juga mengaku kemungkinan akan lakukan perbaikan juga di saluran yang rawan lainnya, seperti Tegal Tulang dan dari Kemuning hingga Panorama.

"Dua wilayah itu menjadi titik yang juga menampung air banyak saat hujan, sehingga menimbulkan genangan air," ujar dia.

AYO BACA : Antisipasi Corona, Purwakarta Perketat Pengawasan Pekerja Asal Cina

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers