web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ramai Virus Corona, Amankah Terima Kiriman Paket dari Cina?

Senin, 27 Januari 2020 14:08 WIB M. Naufal Hafizh

[Ilustrasi] Paket dari Cina, tempat munculnya virus corona. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM – Virus Corona yang berasal dari Kota Wuhan, Cina, telah membuat masyarakat khawatir, entah itu karena kedatangan virus via hewan dan manusia, juga kiriman paket dari negeri tersebut.

Baru-baru ini seorang pengguna Facebook membagikan foto mendapat kiriman paket dari Cina. Dia lantas berusaha menyemprotkan paketnya menggunakan disinfektan karena ketakutan tertular virus corona.

Dokter dari Rumah Sakit Sunga Bulon sekaligus Penasehat Nasional untuk Penyakit Menular di Kementerian Kesehatan Malaysia dr Christopher Lee menanggapi persoalan penerimaan paket atau benda mati dari Cina, tempat wabah virus corona.

AYO BACA : Virus Corona Mulai Buat Warga Bekasi Resah

Dia menyinggung bahwa pengiriman paket dari Cina ke Malaysia biasanya membutuhkan waktu setidaknya 24 jam. Dengan begitu, risiko penularan virus corona sangat rendah.

Menurutnya, penyebaran virus corona dari Cina sama seperti kasus SARS dan MERS. Penyebaran virus corona jenis 2019-nCoV penularannya harus melakukan makhluk hidup.

Sebelumnya, kasus SARS, virus hanya bertahan hidup di luar tubuh manusia atau benda mati hanya selama beberapa jam hingga 4 hari dalam feses.

AYO BACA : Dokter Ungkap Cara Mencegah Tertular Virus Corona

"Virus SARS akan bertahan lebih lama di lingkungan yang lembap atau basah. Sementara itu virus hanya akan bertahan beberapa jam di permukaan yang kering seperti plastik," kata Christopher Lee dikutip dari worldofbuzz.com.

Namun, pihak pengiriman barang dari Cina sudah memutuskan menunda pengiriman paket dan mendisinfeksi barang-barang sebelum dikirimkan. Hal ini merupakan upaya mereka mengatasi kekhawatiran masyarakat.

"Guna memastikan keselamatan publik, kami akan mendisinfeksi ganda barang paketan dan kendaraan yang akan melewati Wuhan. Sehingga pengiriman barang akan tertunda," kata pihak China Express Mail Service (EMS) yang bertugas mengirimkan barang.

Dengan begitu, Anda sudah tak perlu ketakutan jika tertular virus corona hanya karena menerima paket benda mati dari Cina.

AYO BACA : 4 Fakta Kota Wuhan, Lokasi Merebaknya Virus Corona

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers