web analytics
  

Ini Berkah Imlek bagi Pembuat Barongsai

Jumat, 24 Januari 2020 17:32 WIB Husnul Khatimah
Umum - Regional, Ini Berkah Imlek bagi Pembuat Barongsai, Berkah imlek, barongsai bandung, imlek, Pembuat Barongsai, perajin barongsai, Imlek 2020, jadwal barongsai, kue imlek, kue cina,

Lili Hambali banjir pesanan barongsai dan liong setiap menjelang Imlek. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR TENGAH, AYOBANDUNG.COM – Menjelag imlek, perajin barongsai dan liong di Bogor kebanjiran berkah order dari pelanggan, salah satunya dirasakan Lili Hambali. 

Lili mengatakan, peningkatan permintaan barongsai dan liong menjelang Imlek adalah hal yang biasa dialaminya tiap tahun. Meski tidak menyebutkan angka peningkatan, namun Lili mengaku selalu keteteran dengan banyaknya orderan. 

AYO BACA : 3 Resep Olahan Kue Keranjang yang Dapat Dicoba di Rumah

"Kalau kita gak bisa hitung berapa banyak peningkatannya tapi memang padat orderannya malahan sampai banyak orderan yang kita tolak karena dirasakan gak bakal sempat kita kerjakan karena orderannya juga sudah banyak," ujar Lili, Jumat (24/1/2020).

Dia menambahkan, orderan barongsai dan liong itu datang dari pelanggannya yang tersebar di berbagai daerah di tanah air. 

AYO BACA : 10 Peluang Bisnis Menggiurkan di Tahun Baru Imlek

"Kita terima pesanan dari Aceh sampai Papua, pokoknya hampir di semua daerah di Indonesia kita ada pesanan. Hari-hari biasa kita juga jualan tapi permintaannya tidak seramai saat imlek," kata Lili. 

Lili mengaku, peningkatan orderan dari pelanggan membuat pihaknya kesulitan mendapatkan bahan baku. Di pasaran, bahan baku pun langka saat orderan naik. 

"Saat orderan naik kesulitannya pasti bahan baku seperti bulu sama aksesorinya kan impor, jadi tekendala di sana aja. Kalau bahan baku gak ada kita gak bisa produksi tapi biasanya kalau Imlek kita selalu stok dulu biar aman," katanya. 

Lili menjual satu barongsai seharga Rp5.500.000 dan liong dibanderol Rp8.000.000. Biasanya Lili menjual barongsai dan liong sesuai pesanan yang datang. 

AYO BACA : Imlek 2020, Catat 5 Lokasi Pertunjukan Barongsai di Bandung

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers