web analytics
  

Kuku Palsu Memang Indah, tapi Bahaya! Bisa Bikin Bernanah

Jumat, 24 Januari 2020 15:00 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Kuku Palsu Memang Indah, tapi Bahaya! Bisa Bikin Bernanah, Bahaya Kuku Palsu, kuku palsu bandung, harga kuku palsu, tempat kuku palsu, salon kuku palsu, salon kuku bandung, perawatan kuku,

[Ilustrasi] Walau terbilang cukup aman, kuku palsu tetap membawa beberapa dampak negatif. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM – Tidak sedikit perempuan yang memilih kuku palsu untuk mempercantik jari tangan. Meski begitu, perlu dipahami berbagai risiko yang mungkin terjadi di balik indahnya kuku palsu.

Walau terbilang cukup aman, kuku palsu tetap membawa beberapa dampak negatif.

Kuku palsu mengandung bahan kimia yang bisa merusak kesehatan kuku dan kulit di sekitarnya. Melansir Suara.com, beberapa masalah yang mungkin terjadi akibat kuku palsu antara lain:

AYO BACA : Ini Penyebab Kuku Menguning, Salah Satunya Tanda Penyakit

1. Kuku jadi rusak

Pemasangan kuku akrilik akan mengikir kuku asli sebelumnya kemudian dilapisi oleh bahan kimia. Proses tersebut bisa membuat kuku jadi semakin tipis. Jika ingin melepasnya, proses menghapus kuku palsu berbahan akrilik ataupun gel juga bisa mempertipis kuku asli.

Biasanya, kuku akan direndam dalam aseton selama 10 menit atau lebih. Paparan bahan kimia ini bakal membuat lapisan kuku semakin kering. Jika hal ini dilakukan terus-menerus tanpa perawatan yang tepat, kuku akan menjadi sangat rapuh dan mudah patah.

AYO BACA : 3 Tips Menjaga Kuku agar Tetap Sehat

2. Infeksi

Menurut Lawrence E. Gibson, M.D, seorang ahli kesehatan kulit di Mayo Clinic, meski jarang terjadi, kuku palsu bisa meningkatkan risiko infeksi pada kuku.

Pemakaian kuku akrilik menyebabkan adanya celah kuku. Area tersebut sangat mudah lembap sehingga memungkinkan bakteri dan jamur berkembang.

Infeksi bakteri akan menyebabkan kuku merah, bengkak, dan bernanah. Sementara itu, infeksi jamur akan membuat kulit sekitarnya jadi gatal, kuku berubah menjadi kekuningan, dan mudah rapuh.

3. Alergi

Anda mungkin saja alergi terhadap bahan kimia dari kuku palsu sehingga menimbulkan iritasi. Jika Anda termasuk pemilik kulit sensitif, bahaya kuku palsu yang mungkin terjadi adalah timbulnya reaksi alergi, misalnya kuku memerah, gatal, dan bengkak.

AYO BACA : Kebiasaan Gigit Kuku Tanda Mental Tidak Sehat?

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers