web analytics
  

Piala Dunia U-20 2021 di Indonesia Dipastikan Gunakan VAR

Jumat, 24 Januari 2020 13:29 WIB

Logo Piala Dunia U-20 2021 buatan PSSI. (Twitter/@pssi)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Piala Dunia U-20 2021 Indonesia dipastikan bakal menggunakan Video Assistent Referee (VAR). Ini ditetapkan setelah adanya pertemuan antara PSSI dan FIFA di Swiss pada 17-19 Januari 2020 lalu.

Oleh karena itu, Indonesia diharuskan menyiapkan ruangan untuk VAR di stadion utama dan lapangan pendukung yang sudah ditentukan.

AYO BACA : Diusulkan Jadi Venue Piala Dunia, Si Jalak Harupat Dipenuhi Rumput Liar

Hal ini seperti tertuang dalam risalah persiapan Piala Dunia U-20 2021 yang disebar oleh Sesmenpora Gatot S. Dewa Broto. Dalam risalah itu disebut, Indonesia harus menyiapkan ruangan untuk VAR.

Sebagaimana diketahui, FIFA telah memilih enam stadion yaitu Gelora Bung Karno (Jakarta), Pakansari (Bogor), Manahan (Solo), Mandala Krida (Yogyakarta), Gelora Bung Tomo (Surabaya), dan Kapten I Wayan Dipta (Bali).

AYO BACA : Pakansari Diklaim Sudah Penuhi Standar Stadion Piala Dunia

Tujuan dari penggunaan VAR ini yakni setiap kontestan dapat membiasakan diri dengan regulasi pertandingan yang baru. Adapun perlengkapan dan peralatan VAR akan disediakan langsung oleh FIFA.

"Penyediaan VAR Room harus ada di enam stadion utama dan lapangan pendukung. Sehingga setiap tim sudah membiasakan menggunakan peralatan tersebut," tulis risalah yang ditandatangani oleh Gatot S Dewa Broto.

"Sebagai informasi, peralatan VAR akan didatangkan langsung oleh FIFA," tambah Risalah tersenut.

Piala Dunia U-20 ini akan berlangsung pada 24 Mei hingga 12 Juji 2021. Nantinya, setiap pertandingan akan dipimpin wasit kelas dunia yang tentu sudah paham dengan metode VAR.

AYO BACA : Jokowi Minta PSSI Benahi Kompetisi dan Siapkan Piala Dunia U-20

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers