web analytics
  

Langgar UU, Odong-odong di Tasikmalaya Segera Ditertibkan

Jumat, 24 Januari 2020 07:12 WIB Irpan Wahab Muslim
Umum - Regional, Langgar UU, Odong-odong di Tasikmalaya Segera Ditertibkan, Odong-odong Tasikmalaya, larangan odong-odong, berita tasikmalaya, ayotasik, tasikmalaya hari ini

Ilustrasi odong-odong. (dok. Republika)

TASIKMALAYA, AYOBANDUNG.COM -- Selain akan menertibkan becak motor (cator), Dinas Perhubungan Kabupaten Tasikmalaya juga dalam waktu dekat akan menertibkan odong-odong atau kereta wisata. Odong-odong dinilai melanggar undang-undang nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Hal itu ditegaskan Kapala Dinas Perhubungan Asep Darisman. Ia menilai, cator dan odong-odong jika dilihat dari regulasi, tidak diperbolehkan karena tidak sesuai dengan Undang -Undang Nomor 22 tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

"Odong-odong itu dirakit dibengkel-bengkel. dimodifikasi sedemikian rupa tapi tidak ada uji tipe. itu menyalahi aturan," kata Asep, Kamis (23/1/2020).

Asep menambahkan, odong-odong dinilai tidak memenuhi standar keamanan karena tidak dilakukan uji kelayakan dan dibuat tanpa adanya pendampingan ahli atau profesional.

"Bukan dari pabrik jadi aspek keselamatannya diragukan," paparnya.

Penertiban sendiri, kata Asep, akan dilakukan waktu dekat ini. Sebelumnya akan dilakukan rapar kordinasi dengan Satpol PP dan Satlantas Polres Tasikmalaya.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers