web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Virus Corona Dilaporkan Telah Sampai ke Singapura

Jumat, 24 Januari 2020 05:54 WIB

Novel Coronavirus (nCoV) alias virus corona yang sedang mewabah di Cina. (Shutterstock)

SINGAPURA, AYOBANDUNG.COM -- Virus Corona alias Virus Wuhan yang baru diketahui dalam senarah umat manusia kini sudah menjalar dari Cina ke Singapura. Singapura, seperti diberitakan Straits Times, mengonfirmasi satu warga negara Cina yang berada di negara mereka positif mengidap virus Corona.

Otoritas negeri jiran tersebut juga mewanti-wanti, ada kemungkinan virus Corona pada WN Cina itu sudah menyebar. WN Cina di Singapura yang terjangkit virus Corona tersebut berusia 66 tahun. Lelaki itu berasal dari Wuhan.

"Lelaki tersebut tiba di Singapura bersama sembilan rekan seperjalanan, Senin (20/1/2020) awal pekan ini, dan tinggal di kawasan Rasa Sentosa Shangri-La," demikian informasi yang dipublikasikan kementerian kesehatan Singapura dalam konferensi pers, Kamis (23/1/2020) malam.

Satu perempuan berusia 53 tahun rekan seperjalanan lelaki tersebut juga dinyatakan positif dalam tes pendahuluan. Namun kini, Kemenkes Singapura masih menunggu konfirmasi final tes.

Selain itu, putra pria tersebut yang berusia 37 tahun kekinian berstatus diduga mengidap virus Corona. Ia juga masih dalam karantina otoritas Singapura.

"Sedangkan rekan seperjalanan mereka sudah pergi meninggalkan Singapura. Kami sudah menghubungi pihak berwenang di negara tujuan mereka, untuk mengantisipasi virus tersebut," kata Kemenkes.

Kementerian Kesehatan Singapura juga memberikan peringatan bagi warganya untuk menghindari perjalanan ke seluruh Provinsi Wuhan dan Hubei, Cina. Hal itu melanjutkan kebijakan Cina yang membatasi perjalanan terhadap kota Hanggang, Huanggang, dan Enzhou.

Kementerian juga menyarankan warga Singapura untuk terus berhati-hati dan memperhatikan kebersihan pribadi saat bepergian ke seluruh Cina daratan.

17 warga Cina tewas

Virus itu, yang kekinian dikenal sebagai 2019-nCoV, dapat ditularkan dari orang ke orang. Sedikitnya virus tersebut sudah menewaskan 17 orang dan menginfeksi setidaknya 540 warga di negeri Cina.

Negara-negara yang sudah mengonfirmasi terdapat warga terjangkit Virus Corona adalah Taiwan, Jepang, Macau, Thailand, Vietnam, dan Amerika Serikat.

Otoritas kesehatan Cina sementara ini belum mampu memastikan asal virus. Tapi mereka menegaskan, Corona adalah virus baru yang belum memiliki vaksin, sehingga mampu bermutasi serta menyebar.

Infeksi diperkirakan akan melonjak selama akhir pekan Tahun Baru Cina alias Imlek, karena sejumlah besar pelancong melakukan perjalanan dalam Cina maupun keluar negeri.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers