web analytics
  

Pemkot Bandung Tak Jamin Warga RW 11 Tamansari Dapat Hak Milik

Kamis, 23 Januari 2020 12:37 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Pemkot Bandung Tak Jamin Warga RW 11 Tamansari Dapat Hak Milik, Hak Milik Rumah Deret, Harga Sewa Rumah Deret, rumah deret tamansari, tamansari melawan, tamansari,

Lokasi pembangunan Rumah Deret Tamansari. (Ayobandung.com/Irfan Al-Faritsi)

Warga yang saat ini memiliki hak untuk menempati rumah deret Tamansari tidak akan serta merta berhak atas hak milik meskipun telah membayar sewa sesuai prosedur.

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Saat ini, sebanyak 185 KK warga RW 11 Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, yang setuju terhadap pembangunan rumah deret tengah menanti pembangunan rumah tersebut.

Salah satu perwakilan warga, Sahroni, mengatakan, dirinya dan warga yang setuju ingin segera menempati rumah yang dijanjikan dapat dihuni secara cuma-cuma selama lima tahun pertama tersebut.

AYO BACA : Komnas HAM: Ada Potensi Pelanggaran HAM di Penggusuran Tamansari

Sahroni berharap, setelah mendapat keringanan berupa penggratisan biaya sewa dalam lima tahun pertama dan potongan separuh harga sewa pada lima tahun berikutnya, pihaknya dan para warga dapat memperoleh hak milik bangunan. Namun, Pemerintah Kota Bandung menilai hal tersebut akan sulit dikabulkan.

Kepala Bidan Pencatatan dan Pelaporan Aset Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset (BPKA) Kota Bandung Siena Halim mengatakan, berdasarkan hukum yang berlaku, warga yang ingin memilki hak milik atas unit yang ditinggali harus terlebih dahulu melalui proses lelang. Hal tersebut didasarkan pada PP 27 Permendagri 12.

"Kelihatannya dengan ketentuan sekarang harus melalui lelang, jadi mungkin lebih memungkinan secara sewa, karena di Permendagri sekarang itu masa sewa lima tahun dan dapat diperpanjang. Tidak dibatasi," kata Siena di Balai Kota Bandung, Kamis (23/1/2020).

AYO BACA : Korban Penggusuran Tamansari Mengungsi di Masjid, Ini Kata MUI

Artinya, warga yang saat ini memiliki hak untuk menempati rumah deret Tamansari tidak akan serta merta berhak atas hak milik meskipun telah membayar sewa sesuai prosedur.

"Kalau tanahnya nanti akan full sertifikat pemkot, kalau untuk masyarakatnya bukti surat sewa," ujar Siena.

Hal serupa juga disampaikan Kepala Bidang Perumahan Dinas Perumahan Kawasan Permukiman, Pertanahan, dan Pertamanan (DPKP3) Nunun Yanuati. Dia mengatakan, nantinya 185 Kepala Keluarga warga Tamansari yang akan mendapatkan unit di rumah deret tersebut akan digratiskan sewa selama lima tahun untuk kemudian dilanjut skema diskon.

Namun, setelah itu, pihaknya akan mengkaji ulang apakah warga masih dapat tinggal di tempat yang sama atau tidak.

"Di tahun keenam, harga sewa hanya 50% dan di tahun selanjutnya akan kembali dibicarakan oleh Pemkot," kata Nunun.

Adapun warga lainnya yang tinggal di rumah deret Tamansari dikenakan biaya sewa di kisaran harga Rp300.000 hingga Rp900.000. Rumah-rumah tersebut hanya diperuntukkan bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR).

AYO BACA : Rumah Deret Tamansari Tahap I Dibangun 180 Unit

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers