web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Cegah Penyebaran Korona, China Kurung 11 Juta Warga Wuhan

Kamis, 23 Januari 2020 12:37 WIB

Ilustrasi (republika)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Pemerintah Cina mengisolasi kota Wuhan sebagai daerah yang diduga sebagai awal atau pusat penyebaran virus Korona. Virus korona telah menginveksi sekitar 600 warga serta menewaskan 17 orang  di dalam kota yang berpopulasi 11 juta penduduk tersebut.

Seperti diwartakan Reuters, Kamis (23/1) kebijakan blokade itu juga merupakan langkah pemerintah Cina guna mencegah pandemi global. Pasalnya, tidak sedikit masyarakat Negeri Tirai Bambu yang pergi melancong ke luar negeri dan di dalam negeri menyusul perayaan Imlek selama satu pekan penuh.

AYO BACA : Korban Virus Korona Terus Bertambah

Otoritas kesehatan global juga khawatir laju penularan akan meningkat karena ratusan juta warga Cina masuk ke dalam negara mereka selama musim liburan tersebut.  Pemerintah Wuhan mengatakan akan menutup semua jaringan transportasi dari dan menuju ke perkotaan. Di saat yang bersamaan, pemerintah juga mendesak warga untuk tidak meninggalkan kota tanpa alasan khusus.

Pemerintah Wuhan juga akan menangguhkan penerbangan keluar dari kota tersebut sejak Kamis mulai pukul 10.00 waktu setempat. Mereka mengatakan, maskapai penerbangan akan kembali beroperasi setelah tenggat waktu tertentu.

AYO BACA : Antisipasi Virus Korona, Bandara Husein Sastranegara Pasang Pemindai Suhu Tubuh

Akibat virus tersebut, tidak sedikit warga Cina membatalkan perjalanan, membeli masker wajah, menghindari tempat-tempat umum seperti bioskop dan pusat perbelanjaan. Banyak dari mereka juga beralih ke permainan simulasi wabah online sebagai cara untuk mengatasinya.

Wuhan merupakan kota pusat transportasi dan industri serta komersial utama di Cina tengah. Pihak berwenang Cina saat ini masih menyelidiki asal-usul virus tersebut. Namun, mereka menganalisis bahwa wabah dimulai dari sebuah pasar di Wuhan dengan transaksi satwa liar ilegal.

Jenis virus korona yang sebelumnya tidak diketahui diyakini telah muncul akhir tahun lalu dari satwa liar yang diperdagangkan secara ilegal di pasar hewan di kota Wuhan, Cina tengah. Kasus telah terdeteksi menyebar hingga Amerika Serikat yang memicu kekhawatiran virus sudah menyebar di seluruh dunia.

Virus korona juga telah dilaporkan di kota-kota besar lainnya termasuk Beijing, Shanghai, dan Hong Kong. Virus dapat menyebar dari satu orang ke orang lain melalui transmisi pernapasan.

Pemerintah Indonesia juga terus memperketat pengawasan terhadap para penumpang pesawat baik WNI maupun WNA yang tiba dari Cina. Hal tersebut dilakukan dengan memasang pemindain suhu tubuh di Bandara Soekarno-Hatta.

AYO BACA : Cegah Virus Korona, AP I Perketat Pemeriksaan Penumpang

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers