web analytics
  

Bisa Redakan Depresi, Kenali 5 Manfaat Bubuk Kakao untuk Kesehatan

Rabu, 22 Januari 2020 09:14 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi bubuk kakao. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kandungan cokelat, terutama cokelat hitam (dark chocolate) memiliki sejumlah manfaat yang dapat menyehatkan tubuh. Kandungan utama cokelat yakni kakao memiliki zat flavanol yang memiliki efek antioksidan bagi tubuh.

Hal ini disebut mampu mengurang kerusakan sel hingga mengurangi resiko sejumlah penyakit tertentu. Dilansir dari Boldsky, Rabu (22/1/2020), berikut 5 manfaat bubuk kakao bagi tubuh plus cara mengkonsumsinya:

1. Mengurangi tekanan darah tinggi

Bubuk kakao dapat membantu menurunkan tekanan darah dengan meningkatkan kadar oksida nitrat dalam darah. Hal ini terjadi akibat kandungan flavanol di dalamnya.

AYO BACA : Tak Hanya Enak Dimakan, Cokelat Hitam Juga Bisa Jadi Masker Wajah

Flavanol mampu meningkatkan fungsi pembuluh darah Anda dan menurunkan tekanan darah. Kandungan flavanol sebesar 30 hingga 1.218 mg dalam kakao dapat secara signifikan mengurangi tekanan darah dengan rata-rata 2 mmHg.

2. Meredakan gejala depresi

Cokelat banyak dikenal sebagai kudapan yang kerap dikonsumsi orang-orang yang tengah bersedih untuk meningkatkan suasana hatinya. Flavanol adalah salah satu kandungan dalam bubuk kakao yang dapat berperan dalam regulasi suasana hati.

Bubuk kakao juga dapat meningkatkan kadar serotonin, yakni suatu neurotransmitter dalam otak yang bertindak sebagai antidepresan. Sebuah penelitian menemukan bahwa mengonsumsi kakao meningkatkan ketenangan dan rasa puas.

AYO BACA : Bukan dari Lampung, Ini Keripik Pisang Cokelat ala Kelurahan Kebon Gedang

3. Membantu menjaga berat badan

Bubuk kakao dapat mengurangi nafsu makan, meregulasi penggunaan energi dalam tubuh dan meningkatkan okdidasi lemak. Sebuah studi yang dipublikasikan di The Archives of Internal Medicine menunjukan bahwa orang yang mengkonsumsi cokelat secara berkala memiliki BMI (Indeks Massa Tubuh) yang lebih kecil dibanding orang yang tidak mengkonsumsinya.

4. Meningkatkan kesehatan jantung

Kandungan flavanol dalam kakao telah diketahui dapat mengurangi kolesterol LDL (buruk) yang juga berpengaruh pada penurunan resiko serangan jantung, gagal jantung, stroke dan penyakit jantung lainnya. Flavanol melemaskan dan melebarkan pembuluh darah, yang meningkatkan aliran darah ke jantung.

5. Mengontrol gejala diabetes tipe 2

Sebuah penelitian telah menghubungkan adanya hubungan antara asupan flavanol yang lebih tinggi dengan risiko diabetes tipe 2 yang rendah. Flavanol membantu meningkatkan kadar gula darah, mengurangi peradangan dan menurunkan sensitivitas insulin.

Sehingga, konsumsi kakao memiliki dampak positif pada pencegahan dan pengendalian diabetes tipe 2.

Untuk dapat mendapat manfaat-manfaat dari bubuk kakao tersebut, Anda dapat mengkonsumsinya dengan menambahkan bubuk tersebut pada asupan makanan sehari-hari Anda seperti ke dalam segelas susu, ke dalam pudding dan dessert, atau menaburkan bubuk kakao pada fruit bowl Anda.

AYO BACA : Berburu Kuliner Serba Cokelat di Toko Coklat Bandung

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers