web analytics
  

7 Kali Rombak ASN KBB, Aa Umbara Ingin Kepuasan Masyarakat Naik

Senin, 20 Januari 2020 22:41 WIB Tri Junari

Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna. (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM--Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna melantik sebanyak 144 pejabat di lingkungan Pemda Kabupaten Bandung Barat (KBB) di aula Masjid Ash Siddiq, Kompleks Pemda KBB, di Mekarsari, Ngamprah, Senin (20/1/2020) sore. 

Pelantikan dan pengambilan sumpah janji jabatan pimpinan tinggi pratama ada sebanyak lima orang, sisanya terbagi dan didominasi oleh jabatan administrator, jabatan pengawas, dan jabatan fungsional.

Ini adalah pelantikan ketujuh kali yang saya lakukan selama memimpin KBB. Semoga di tahun 2020 ini, dengan pejabat baru, posisi baru, bisa  menjadi era dan tahun baru, bagi peningkatan pelayanan kepada masyarakat di KBB, tuturnya seusai pelantikan. 

AYO BACA : Bupati Aa Umbara Siapkan Rotasi dan Mutasi Jabatan

Dirinya menginginkan para pejabat yang dilantik ini bisa mengimplementasikan visi misi AKUR (Aspiratif, Kreatif, Unggul, dan Religius). 

Selain itu, mereka juga mesti bekerja keras untuk dapat menaikan indeks kepuasan pelayanan ASN ke masyarakat di KBB yang tahun 2019 angkanya hanya 30%. 

Target saya tahun ini indeks kepuasan pelayanan ASN ke masyarakat bisa naik menjadi 50%. Makanya saya meminta kepada semua pejabat termasuk yang ditempatkan dikewilayahan untuk sering terjun ke lapangan dan menampung aspirasi apa yang diinginkan oleh warganya, kata Umbara. 

AYO BACA : Bupati Bandung Barat Ajak ASN Bantu Korban Banjir Bandang

Catatan khusus Aa Umbara berikan kepada Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) yang  sekarang sudah terisi oleh kepala dinas definitif setelah pejabat sebelumnya pensiun. 

Yakni bagaimana agar dapat mendekatkan pelayanan ke masyarakat khususnya dalam pencetakan KTP. Harus dipikirkan supaya lebih mudah, cepat, dan dekat, tanpa perlu masyarakat datang ke kantor Disdukcapil. 

Itu harus dipikirkan, kasihan masyarakat yang jauh kalau harus ke pemda hanya untuk cetak KTP. Bagi kadis atau pejabat lainnya juga sama, mesti kreatif dan inovatif mencari gebrakan baru dalam rangka pelayanan ke masyarakat, ucapnya.

Pejabat yang dilantik dan diambil sumpah jabatannya kali ini di antaranya Kadisdukcapil Hendra Trismayadi yang sebelumnya menjabat sebagai Kabag Tapem, Setda KBB. Kemudian Kabag Humas Hari Mustika menjadi Camat Gununghalu menggantikan Taufik Firmansyah yang kini menjabat sebagai Camat Cisarua. Sekretaris KPU Agus Ganjar menjadi Kabag Protokol Setda KBB, dan sejumlah pejabat lainnya yang didominasi oleh jabatan administrator.

Rotasi mutasi adalah hal biasa untuk penyegaran. Meski itu adalah hak perogratif saya sebagai bupati, tapi tetap mempertimbangkan juga aspek kompetensi dan kinerja dari setiap individu, katanya.

AYO BACA : Ada OTT Anak Buahnya, Aa Umbara: Saya Mau Lacak Sekarang!

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers