web analytics
  

Korban Penggusuran Tamansari Mengungsi di Masjid, Ini Kata MUI

Senin, 20 Januari 2020 16:31 WIB
Bandung Raya - Bandung, Korban Penggusuran Tamansari Mengungsi di Masjid, Ini Kata MUI, Korban, Penggusuran, Tamansari, Mengungsi, Masjid, MUI,

Korban penggusuran rumah deret Tamansari diketahui terpaksa mengungsi di Masjid Al Islam. (Suara.com)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM – Korban penggusuran rumah deret Tamansari diketahui terpaksa mengungsi di Masjid Al Islam. Di sisi lain, Majelis Ulama Indonesia menerbitkan surat edaran yang secara tak langsung mempersoalkan keberadaan mereka di masjid.

MUI Kecamatan Bandung Wetan melayangkan surat edaran yang mempersoalkan korban penggusuran Tamansari, Bandung, mengungsi sementara di Masjid Al Islam.

Sejak digusur oleh aparat pada 12 Desember 2019, warga RW 11 Tamansari mengungsi di masjid tersebut.

AYO BACA : Kesaksian Warga Tamansari, Dipukul hingga Lumpuh Sementara

Namun, MUI Bandung Wetan mengimbau agar seluruh Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) di wilayah Bandung Wetan menggunakan fungsi masjid sebagaimana mestinya.

“Iya betul surat edaran itu menindaklanjuti surat edaran kami tentang penggunaan masjid pada 15 Januari (2020) lalu," ujar Sekretaris MUI Kota Bandung Irfan Syafrudin, di Bandung, Senin (20/1/2020), dikutip dari Suara.com.

Menurut dia, surat edaran itu dikeluarkan MUI Kota Bandung atas permintaan dari MUI tingkat kecamatan dan kelurahan di sejumlah kawasan.

AYO BACA : Viral Fatwa Sterilisasi Masjid Tempat Pengungsi Tamansari, Begini Penjelasan MUI

"Surat edaran ini kami terbitkan atas permintaan dari MUI kelurahan dan kecamatan di sebagian daerah,” kata dia.

Menurutnya, surat edaran itu menekankan fungsi utama masjid yakni sebagai tempat ibadah. Akan tetapi, Irfan tidak memungkiri ada fungsi lain masjid seperti dijadikan tempat pengungsian sementara ketika terjadi bencana yang membuat warga kehilangan tempat tinggalnya.

“Sebetulnya kalau dimanfaatkan sebagai pengungsian korban penggusuran tidak ada yang salah karena sifatnya darurat dan mereka tidak punya tempat tinggal saat itu. Namun dengan catatan, tidak ada yang dilanggar ketika tinggal di sana,” bebernya.

Masjid Al Islam memang dijadikan tempat mengungsi warga RW 11 Tamansari, yang menjadi korban penggusuran proyek Rumah Deret Kota Bandung.

Ada sekitar 55 KK yang bertahan mengungsi di lantai 2 masjid Al-Islam. Masjid itu berlokasi tetap bersebelahan dengan lahan yang akan dijadikan bangunan Rudet itu.

AYO BACA : Warga Tamansari Bantah Ganggu Ibadah Saat Mengungsi di Masjid

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers