web analytics
  

KPU Bandung Minta Bakal Pasangan Calon Independen Segera Daftarkan Tim

Minggu, 19 Januari 2020 10:28 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, KPU Bandung Minta Bakal Pasangan Calon Independen Segera Daftarkan Tim, gun gun gunawan, sahrul gunawan, wakil bupati bandung, pilkada kabupaten bandung, kader partisipatif pemilu, kader pengawas pemilu, bawaslu kabupaten bandung, dadang naser, kpu  kabupaten bandung,

Ilustrasi Pilkada Serentak 2020. (Ayobandung.com/M. Irfan Abiyyudistira)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Bandung meminta pihak yang akan mendaftarkan calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung dari jalur perseorangan atau independen untuk segera mendaftarkan tim.

Ketua KPU Kabupaten Bandung Agus Baroya mengatakan, penyerahan dukungan bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati akan berlangsung pada 19 sampai 23 Februari.

Namun, ada perbedaan mendasar dalam proses pendaftaran bakal pasangan calon independen antara Pilkada 2020 dengan 2015.

AYO BACA : Sumbang Pesantren saat Pilkada, Dipenjara 72 Bulan dan Denda Rp1 Miliar

Secara umum bakal pasangan calon dari jalur independen diharuskan menyerahkan data dokumen dukungan sebagai syarat pendaftaran.

Jika pada 2015 bakal pasangan calon bisa datang ke KPU saat menyerahkan syarat dukungan, sekarang bakal pasangan calon perseorangan harus datang jauh-jauh hari.

"Harus mendaftarkan tim atau operator yang ditunjuk untuk mengakses SILON (Sistem Informasi Pasangan Calon). Ini yang tidak ada dalam Pilkada 2015," tutur Agus, Minggu (19/1/2020).

AYO BACA : Bawaslu Bandung: Waspadai Kampanye Pilkada di Pesantren dan Masjid

Dia menjelaskan, tim yang ditunjuk tersebut akan mendapat pelatihan dan diberi akun untuk mengakses SILON.

Tim yang telah mendapat akun SILON kemudian harus melakukan menginput data dokumen dukungan. Data dokumen dukungan pasangan calon bupati dan wakil bupati perseorangan kemudian di-print out dan diserahkan kepada KPU saat penyerahan dukungan.

Data dukungan sebagai syarat pendaftaran bakal pasangan calon bupati dan wakil bupati perseorangan yang dianggap sah adalah yang telah terinput dalam SILON.

Data dari SILON tersebut akan menjadi dasar bagi KPU dalam melakukan verifikasi baik administrasi maupun faktual.

"Syarat dukungan 153.443 itu banyak dan harus dilakukan penginputan dari sekarang," ujarnya.

Dia berharap jika ada pihak yang hendak mendaftarkan diri menjadi calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung dari jalur perseorangan untuk segra mendatangi KPU dan memberikan mandat tim yang akan mengakses SILON.

AYO BACA : Emil Minta PNS Peserta Pilkada 2020 Taat Aturan

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers