web analytics
  

Sunda Empire Tidak Ada Hubungannya dengan Aliran Kepercayaan Asli Indonesia

Sabtu, 18 Januari 2020 15:07 WIB Faqih Rohman Syafei

Salah satu kegiatan Sunda Empire - Earth Empire di Bandung. (@Ranggasasana)

SUMUR BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Kemunculan kelompok Sunda Empire - Earth Empire menghebohkan masyarakat Bandung. Bahkan ada sebagian masyarakat yang mengaitkannya dengan agama Sunda.

Menanggapi hal ini, Ketua Presidium Majelis Luhur Kepercayaan Indonesia (MLKI), Bonie Nugraha Permana mengatakan Sunda Empire - Earth Empire tidak ada hubungannya dengan aliran kepercayaan asli Indonesia.

AYO BACA : Sunda Empire Jadi Perhatian Polda Jabar

Dia juga menjamin, bahwa tidak ada satupun anggota MLKI yang terlibat atau menjadi simpatisan kelompok Sunda Empire - Earth Empire.

"Kalau kami dalam ranah spritual religius. Sama sekali tidak ada yang ikut, kami menjamin tidak ada satu orang pun yang terlibat," ujarnya saat dihubungi, Sabtu (18/1/2020).

AYO BACA : UPI Buka Suara soal Kegiatan Sunda Empire di Taman Isola

Dia menjelaskan fenomena ini merupakan isu lama yang terkait kebesaran kerajaan Sunda. Namun dia tidak menyangka sampai ada aksi atau gerakan semacam ini di Kota Bandung.

"Sejak lama saya dengar, ternyata ada yang action. Kalau di Bandung namanya ibukota, pusat informasi, segala pengetahuan ada yang mencetuskan seseorang. Entah siapa saya juga tidak tahu mendeklarasikan Sunda Empire," ucapnya.

Bonie menilai, orang-orang tergabung dengan kelompok ini terlalu berlebihan dalam menginterpretasikan kebesaran sejarah dan budaya masa lampau. Seolah ingin mengembalikan era kejayaan masa lampau.

"Seolah-olah Ingin mengembalikkan kejayaan Sunda. Namun sudah tidak mungkin," kata Bonie.
 

AYO BACA : Geger Sunda Empire, Pemerintah Didesak Umumkan Kerajaan Resmi di Nusantara

Editor: Andres Fatubun

artikel lainnya

dewanpers