web analytics
  

Bupati Aa Umbara Siapkan Rotasi dan Mutasi Jabatan

Jumat, 17 Januari 2020 21:45 WIB Tri Junari

Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna. (Ayobandung.com/Tri Junari)

LEMBANG, AYOBANDUNG.COM--Bupati Bandung Barat, Aa Umbara Sutisna menilai rotasi dan mutasi jabatan di Lingkungan Pemerintah Kabupaten Bandung Barat (KBB) akan segera dilakukan setelah tahapan evaluasi pada kinerja Apartur Sipil Negara (ASN) selesai.

Apabila para ASN lambat dalam bekerja dan tidak bisa mengimplementasikan visi dan misi aspiratif, kreatif, unggul dan religius (Akur), dalam waktu dekat Bupati akan melakukan rotasi dan mutasi besar-besaran.

"Jelas, disamping harus disiplin, setiap dinas juga harus sepaham dan sejalan. Kalau mereka lambat, ASN yang ada itu akan menjadi pertimbangan evaluasi untuk mutasi dan rotasi. Apalagi ini kan sudah berjalan setahun, sehingga setiap kinerjanya akan jadi pertimbangan," ujar Aa Umbara di Lembang, Jumat (17/1/2020).

AYO BACA : Aa Umbara Buka Suara Soal Dugaan Korupsi Dana Bansos di KBB

Menurut Aa, rencana rotasi dan mutasi ASN merupakan hal yang biasa. Terlebih, hal itu juga dilakukan untuk meningkatkan kinerja di masing-masing Organisasi Perangkat Daerah (OPD).

"Dan bisa saja itu sebagai perubahan untuk menempati posisi atau bidang yang lebih cocok dan sesuai kemampuannya," katanya.

Kehadiran dan kinerja ASN di Kabupaten Bandung selama ini mendapat pengawasan langsung oleh Bupati. Di antaranya, dengan rutinnya Aa Umbara  yang melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah dinas.

AYO BACA : Bupati KBB Ngamuk, Ada Kotoran Kucing di Kantor Disdukcapil

Memasuki 2020 ini, kata dia, seluruh ASN harus berkomitmen melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya. Termasuk para OPD harus bisa mengimplementasikan setiap program kerja prioritas.

"Masyarakat bisa terlibat memonitoring kinerja setiap dinas. Di samping itu, media juga bisa ikut membantu memantau mana dinas yang kerjanya bagus, mana yang lelet atau kurang bagus," imbuhnya.

Orang nomor satu di KBB itu juga meminta kepada para Kepala Dinas, ASN maupun TKK  agar meningkatkan kedisiplinan, mengurangi hal-hal yang kurang bermanfaat, bekerja ikhlas, dan fokus bekerja serta melayani masyarakat sesuai dengan tugas pokok dan fungsi (tupoksi) masing-masing.

"Sekarang mari kita lumpat (lari) lagi. Masih banyak rencana-rencana dan program kita yang harus diwujudkan sesuai dengan keinginan masyarakat. Mudah-mudahan program kita bisa berjalan baik dan cepat terealisasi. Tentunya untuk kepentingan masyarakat," katanya.

AYO BACA : Aa Umbara Tuding KCIC Biang Kerok Banjir di Underpass Padalarang

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers