web analytics
  

Mengintip Jeroan Realme 5i

Jumat, 17 Januari 2020 13:43 WIB

Realme 5i.(GSM Arena)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Realme resmi memperkenalkan seri terbarunya yakni Realme 5i. Berikut pengalaman menggunakan ponsel tersebut dalam review Realme 5i berikut ini.

Desain dan Layar

Saat melihat wujud fisik Realme 5i, kesan mewah identik dengan ponsel ini. Dua varian warna Ocean Blue dan Forest Green sangat menggoda mata.

Ketika dilihat lebih detail, bagian belakang ponsel memiliki guratan garis presisi yang membentuk pola unik. Tak hanya berfungsi sebagai pemanis, guratan-guratan tersebut membuat bagian belakang ponsel tidak licin ketika digenggam.

Setelah ditelusuri, guratan tersebut telah dipoles selama 600 menit dan diproses melalui mesin pahat radium presisi dengan lima sumbu yang dibuat oleh sebuah perusahaan ternama dari Jerman.

Casing Realme 5i dibangun oleh tiga lapisan dengan komposisi karet dan plastik yang akan menjaga ponsel dari percikan air (splash proof).

Masih pada bagian belakang, produsen ponsel asal China ini juga menyematkan empat kamera belakang yang disusun secara vertikal di sudut kiri atas ponsel. Di sebelahnya, ada LED Flash untuk penerangan.

Sedikit turun ke bawah, Realme memasang pemindai sidik jari berbentuk bulat. Sedangkan logi perusahaan terukir di sudut kiri bawah ponsel.

Saat digenggam, ponsel ini enteng dibawa. Maklum, bobot Realme 5i hanya 195 gram saja, sedangkan dimensinya 164,4 x 75 x 9,3 mm.

Bergeser ke bagian depan, terhampar layar IPS seluas 6,5 inci beresolusi HD+ (720 x 1.600 piksel). Di bagian atas, tersemat notch kecil untuk menyimpan kamera depan.

Oh iya, bezel pada tepian ponsel juga termasuk tipis karena punya rasio layar 89 persen. Agar layar semakin kokoh, Realme melapisi ponselnya ini dengan Corning Gorilla Glass.

Di bagian bawah, terdapat beberapa lubang yang terdiri dari port Micro USB, speaker, dan jack audio 3,5 mm. Bagian atas hanya memuat speaker.

AYO BACA : Notifikasi Ponsel Tidak Muncul, Ini Cara Mudah Mengatasinya

Serupa dengan ponsel Realme lainnya, bagian kiri ponsel diisi oleh tombol pengaturan volume dan slot untuk dual SIM Card + MicroSD. Adapun sisi kanan dipakai untuk meletakkan tombol power.

Kamera

Leap to Quad Camera masih menjadi fokus strategi fotografi Realme untuk perangkat ini. Artinya, Realme 5i didukung empat kamera belakang.

Soal konfigurasi, ponsel anyar ini punya pembidik utama 12 MP f/1.8, lensa ultrawide 8 MP f/2.25 yang mampu menangkap obyek seluas 119°, lensa ultra-macro 2 MP f/2.4 dengan panjang fokus 4 cm, dan lensa bokeh 2 MP. Sedangkan kamera selfie-nya berkekuatan 8 MP f/2.0, lengkap dengan fitur HDR, panorama, dan AI Beauty.

Bermodalkan konfigurasi tersebut, hasil foto Realme 5i cukup baik ketika pemotretan dilakukan pada siang hari atau dengan pencahayaan yang memadai.

Namun kala dipakai memotret pada malam hari atau di lingkungan yang minim cahaya, hasilnya berkurang dan banyak noise. Wajar saja hal ini terjadi, karena memang seperti itulah hukum fotografi berjalan.

Meski begitu, Realme 5i mampu mereduksi efek noise atau blur saat memotret pada malam hari dengan cara mengaktifkan fitur Super Nightscape 2.0

Sekadar informasi, fitur ini menggabungkan teknologi AI dengan mesin multi-bingkai untuk mengurangi noise, stabilisasi genggaman, penekanan highlight dan dynamic range yang ditingkatkan ketika pengambilan foto di kondisi sedikit cahaya.

Agar warna foto semakin hidup, kamu juga bisa mengombinasikan Super Nightscape dengan Chromaboost yang bisa kamu pilih pada bagian atas menu kamera. Sedangkan untuk kamera selfie, tidak ada masalah berarti. Hasilnya lumayan memuaskan.

Untuk video, Realme 5i mendukung perekaman video hingga resolusi 4K. Baik kamera depan maupun belakang sama-sama dibekali Electric Image Stabilization (EIS) untuk menjaga kestabilan saat merekam video.

Selain itu, ponsel ini juga bisa dipakai untuk perekaman video gerakan lambat (slow mo video) dalam resolusi 240 fps dan 720 P. Menariknya, Realme 5i menyediakan fitur pengeditan video, yang dapat menambah dan menyesuaikan kecepatan video, filter, teks, efek soundtrack, dan lain-lain.

Performa

AYO BACA : Realme Ngotot Boyong Ponsel 5G ke Indonesia

Di atas kertas, spesifikasi Realme 5i dipersenjatai prosesor Qualcomm Snapdragon 665AIE yang memiliki delapan inti (octa-core) dengan arsitektur 64-bit dan clockspeed hingga 2.0 GHz.

Prosesor ini dibangun dengan proses fabrikasi 11 nm yang tak hanya menawarkan kinerja prosesor yang lebih baik, namun juga konsumsi daya yang lebih irit.

Tak lupa, Qualcomm Snapdragon 665AIE juga sanggup meningkatkan ISP (Image Signal Processor) menuju Spectra 165 untuk mengoptimalkan fungsi kamera.

Untuk pengolahan grafis, Realme 5i mengandalkan GPU Adreno 610 yang sanggup memberikan kualitas gambar apik saat perangkat dipakai untuk bermain game maupun menikmati konten video.

Selain itu, GPU ini mendukung teknologi Vulkan 1.1 Graphics Library untuk mengurangi konsumsi daya hingga 20 persen dibandingkan dengan OpenGLES yang efektif meningkatkan kinerja grafis dalam permainan sekaligus memperpanjang masa pakai baterai.

Untuk penyimpanan, Realme 5i hadir dengan tiga konfigurasi, yaitu RAM/ROM 3 GB/32 GB, 4 GB/64 GB, dan 4 GB/128 GB. Jika bagasi data dirasa kurang memadai, kamu masih bisa mengekspansinya hingga 256 GB dengan bantuan MicroSD.

Beralih ke urusan audio, Realme 5i dibekali speaker mini Dirac Power Sound yang mendukung teknologi Dirac Research AB. Teknologi ini diimplementasikan pada tiga speaker kecil yang terpasang pada perangkat yang berfungsi untuk mengoptimalkan suara vokal, bass, dan kestabilan volume. Dukungan audio berkualitas juga sangat cocok disambungkan dengan perangkat TWS realme, realme Buds Air.

Soal perangkat lunak, Realme 5i datang membawa ColorOS 6.1 berbasis Android 9 Pie. Meski begitu, ponsel ini dipastikan bakal kebagian update Android 10. Artinya, akan ada dark mode pada tampilan antarmukanya.

Baterai

Seperti anggota keluarga seri 5 lainnya, Realme 5i juga dijejali baterai berkapasitas 5.000 mAh yang efisien. Komposisi ini membuat perangkat bisa terjaga seharian penuh hanya dengan sekali pengisian baterai.

Selain itu, ponsel ini punya fitur AI Freeze yang memungkinkan sistem untuk menonaktifkan aplikasi yang tidak dibuka pengguna dalam jangka waktu yang lama secara otomatis yang tentunya akan menghemat pemakaian baterai.

Tak hanya itu, Realme 5i juga memiliki Screen Battery Optimization Mode yang memanfaatkan CABC (Content Adaptive Backlight Control) untuk menyesuaikan rasio kontras layar sehingga mampu memperpanjang umur baterai.

Kesimpulan

Dengan harga mulai dari Rp 1,7 juta, Realme 5i menawarkan paduan fitur yang dibutuhkan oleh generasi muda saat ini, yaitu ponsel berdesain kekinian dengan baterai besar yang bisa mendukung mobilitas mereka.

Sebagai bonus tambahan, ponsel terbaru ini juga menjanjikan kemampuan fotografi dan performa gaming yang lumayan memadai.

AYO BACA : Xiaomi Rilis Mi Note 10, Ini Spesifikasi Jeroannya

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel lainnya

dewanpers