web analytics
  

5 Makanan yang Harus Dihindari Sebelum Berolahraga

Selasa, 14 Januari 2020 10:46 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi sayuran hijau. (Pixabay)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Sebelum berolahraga, Anda dianjurkan untuk mengisi perut secukupnya dengan makanan kaya karbohidrat. Namun, hal tersebut pun perlu diperhatikan.

Pasalnya, olahraga membutuhkan banyak darah dalam tubuh untuk dipompa ke otot-otot yang bekerja, sehingga aliran darah ke perut berkurang selama berolahraga. Jadi, memakan makanan tertentu dapat mengakibatkan perut Anda bermasalah selama olahraga.

Untuk menghindari situasi tersebut, simak 5 jenis makanan yang perlu dihindari untuk dimakan sebelum berolahraga, sebagaimana dilansir dari Boldsky, Selasa (14/1/2020) :

1. Sayuran Hijau

AYO BACA : Turunkan Berat Badan dengan Yoga

Meskipun sayur-mayur hijau adalah makanan yang sehat, namun, hal ini perlu dihindari bila Anda mau mengisi perut sebelum olahraga. Karena kandungan serat nya yang tinggi, sayur hijau berpotensi membuat perut Anda kembung penuh gas.

2. Roti Putih

Mengkonsumsi karbohidrat sehat dapat memberi Anda energi yang dibutuhkan selama berolahraga. Namun, karbohidrat yang kurang sehat sebagaimana yang terdapat dalam roti putih dan nasi putih dapat meningkatkan potensi Anda mengalami kembung dan dapat mengurangi energi Anda ketika olahraga.

3. Minuman Berkarbonasi

Minuman bersoda atau berkarbonasi memiliki kandungan gula yang sangat tinggi, meskipun pada jenis yang diklaim 'zero sugar'. Meminumnya sebelum berolahraga malah akan membuat Anda merasa lemas, karena gula mengambil banyak energi tubuh untuk dicerna.

4. Alpukat

AYO BACA : Begini Agar Hidup Bebas Sakit

Buah ini jelas merupakan buah yang sehat karena kandungan omega 3 dan lemaknya. Namun, kandungan tersebut juga sekaligus cenderung lama dicerna oleh tubuh. Sehingga, memakan alpukat tepat sebelum berolahraga dapat membuat Anda merasa lelah.

5. Produk Susu

food-3179853-1280

Ilustrasi produk olahan susu. (Pixabay)

Produk olahahan yang mengadung susu seperti keju dan susu itu sendiri memiliki kandungan protein dan kalsium yang tinggi. Kandungan ini dibutuhkan oleh orang yang berolahraga secara rutin.

Namun, bila mengkonsumsi produk susu tepat sebelum Anda berolahraga, hal tersebut Akan membuat perut Anda dipenuhi gas, kembung dan tidak nyaman.

Sebelum berolahraga, ada baiknya Anda mengkonsumsi karbohidrat yang mudah dicerna seperti apel dan pisang berkuran kecil atau semangkuk kismis.

AYO BACA : Studi: Risiko Kanker Semakin Kecil Jika Sering Olahraga

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers