web analytics
  

7 Fakta Menarik Ernesto Valverde Saat Melatih Barcelona

Selasa, 14 Januari 2020 10:41 WIB

Terdapat 7 fakta menarik soal Ernesto Valverde sebelum dipecat Barcelona dari kursi pelatih. (REUTERS/Costas Baltas)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Barcelona resmi memecat Ernesto Valverde dari kursi pelatih setelah memutuskan kontrak pelatih berusia 55 tahun itu.

Barcelona pun telah menunjuk Quique Setien guna menggantikan posisi Valverde.

Valverde harus kehilangan jabatannya dengan meninggalkan Barcelona di puncak klasemen La Liga setelah 19 pertandingan di musim 2019-2020.

Selama hampir 3 tahun melatih di Barcelona, Valverde total mendapatkan 4 trofi domestik. Namun, Valverde gagal mempersembahkan trofi Liga Champions selama kariernya di Camp Nou.

Mari kita simak apa yang telah dilakukan Valverde dan pencapaiannya selama dua setengah tahun melatih Barcelona seperti dihimpun Opta.

1.

AYO BACA : Ini Syarat Bagi Wander Luiz dan Joel Vinicus untuk Bisa Berseragam Persib

Valverde memimpin 95 pertandingan LaLiga sebagai pelatih Barca, memenangkan 66 pertandingan, seri 22, dan hanya kalah 7 kali. Rasio kemenangan 69,5% ini menjadi terbaik kelima dalam sejarah klub.

2.

Valverde mengawali kariernya dengan sangat baik. Timnya tidak terkalahkan dalam 36 pertandingan awal di LaLiga. Valverde memenangkan 27 pertandingan dari jumlah laga tersebut.

3.

Valverde mengantarkan Barcelona meraih 4 gelar ke kabinet trofi Camp Nou, yaitu dua gelar LaLiga (2017-18 dan 2018-19), 2018 Copa del Rey, dan Piala Super Spanyol.

4.

AYO BACA : Esteban-Igbonefo Belum Gabung Persib, Robert Alberts 'Turun Tangan'

Barcelona perkasa selama di tangan Valverlde saat menghadapi Real Madrid. Mereka menang 9 kali atas Los Blancos. Tidak ada manajer yang lebih berhasil di abad ke-21 (sejajar dengan Pep Guardiola dan Diego Simeone).

5.

Ketidakmampuan Valverde untuk mengantarkan Barcelona sukses di Liga Champions menjadi salah satu penyebab pemecatannnya. Barcelona mengalahkan AS Roma 4-1 dan Liverpool 3-0 di leg pertama pertandingan kandang selama dua musim sebelumnya, tetapi mereka gagal di leg kedua setelah Giallorossi mengalahkan mereka 3-0 dan The Reds 4-0.

6.

Lionel Messi menjadi penyerang paling produktif di bawah Valverde. Dia  mencetak 112 gol dan memberikan 46 assist di 158 laga.

7.

Di tangan Valverde, Messi bukan pemain yang paling banyak menjadi starter. Messi hanya main 109 dari 123 laga yang ditangani Valverde di semua kompetisi. Messi berada di belakang Sergio Busquets, Luis Suarez, Marc-Andre ter Stegen, dan Gerard Pique.

AYO BACA : Pemkot Bandung Sewakan GBLA untuk Latihan Persib

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh
dewanpers