web analytics
  

Jaksa KPK akan Hadirkan 28 Saksi pada Kasus Suap Iwa Karniwa

Selasa, 14 Januari 2020 05:39 WIB Faqih Rohman Syafei

Iwa Karniwa (Antara)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Kasus suap yang menyeret mantan Sekda Jabar, iwa karniwa telah memasuki babak persidangan. Jaksa Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) akan menghadirkan sebanyak 28 saksi.

Jaksa KPK, Yadyn mengaku telah menyiapkan sejumlah saksi yang akan dihadirkan pada persidangan iwa karniwa mendatang. Saat ini, pihaknya tengah menelaah peran dari para saksi yang akan dihadirkan.

"Sudah kami siapkan saksinya, nanti akan dikerucutkan terkait dengan peristiwa perbuatan materilnya. Kurang lebih 28 saksi," ujarnya di Pengadilan Tipikor PN Bandung, Senin (13/1/2020).

Dia mengatakan saat ini, pihaknya tengah mendalami peran politisi PDIP sekaligus anggota DPRD Jabar, Waras Wasisto. Pasalnya, nama Waras disebut ada dalam dakwaan iwa karniwa.

"Dalam kualifikasi peristiwa yang kami sampaikan dalam dakwaan, kami juga masukkan nama beliau. Itu mulai dari Soleman, Waras Wasisto, maupun juga terdakwa," tutur Yadyn.

Terkait dengan keterlibatan Waras dalam kasus ini, Yadyn menyebutkan tinggal menunggu fakta persidangan. Menurutnya, ada klasifikasi perbuatan yang Waras ada didalamnya.

"Tinggal nanti kita lihat fakta persidangannya terkait dengan keterlibatan yang bersangkutan. Kita lihat selanjutnya di persidangan," katanya.

Sebelumnya, iwa karniwa di dakwa telah menerima suap sebesar Rp900 juta dari PT Lippo Cikarang untuk memuluskan keluarnya Rancangan Peraturan Daerah (Raperda) tentang Rencana Detail Tata Ruang (RDTR) Pengembangan I dan IV, serta II dan III proyek pembangunan Meikarta.

Pemberian uang itu melalui karyawan PT Lippo Cikarang, Satriadi, mantan Kabid Penataan Ruang Dinas PUPR Neneng Rahmi Nurlaili, Henri Lincoln, Anggota DPRD Kabupaten Bekasi Soleman, dan Anggota DPRD Jawa Barat Waras Wasisto.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers