web analytics
  

4 Orang di Kabupaten Bandung Meninggal Akibat HIV

Senin, 13 Januari 2020 18:36 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, 4 Orang di Kabupaten Bandung Meninggal Akibat HIV, HIV, AIDS, HIV di Kabupaten Bandung, Meningkkat Akibat HIV,

Ilustrasi HIV/AIDS. (Shutterstock)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Selama 2019, 4 warga Kabupaten Bandung meninggal dunia karena terjangkit HIV.

Kami kecolongan, ada 4 orang warga Kabupaten Bandung yang meninggal dunia karena HIV pada 2019, tutur Dinan, Senin (13/1/2020).

AYO BACA : Kenali Mitos-mitos Penularan HIV di Hari AIDS Sedunia

Sebenarnya kata Dinan, orang yang terkena HIV mempunyai tingkat bertahan hidup yang tinggi apabila ditangani secara cepat.

Kalau belum masuk pada fase AIDS, virusnya bisa ditidurkan dengan mengonsumsi ARV. Biasanya yang meninggal dunia itu telat penanganan karena mereka tidak tahu kalau dia terkena HIV, ujarnya.

AYO BACA : Cara Hidup Bermasyarakat dengan Penderita HIV

Pun dengan 4 warga Kabupaten Bandung yang meninggal dunia pada 2019 karena HIV tersebut.

Dijelaskan Dinan, 4 orang tersebut sehari-hari beraktivitas di luar kota dan baru kembali dalam keadaan sudah masuk dalam fase AIDS karena tidak ditangani.

Kami mengetahuinya saat yang bersangkutan berobat di puskesmas. Petugas medis curiga kalau yang bersangkutan terkena HIV, sehingga dilakukan pemeriksaan dan ternyata mereka telah masuk dalam fase AIDS, ujarnya.

Dengan kasus tersebut, Dinan mengimbau agar masyarakat, terutama kelompok yang berisiko tertular tinggi seperti LSL, PSK, maupun kelompok lain mau memeriksakan diri ke Puskesmas supaya jika positif bisa diberi penanganan dini.

AYO BACA : Masyarakat Didorong Berani Lakukan Tes HIV

Editor: Dadi Haryadi

artikel terkait

dewanpers