web analytics
  

4 Resep Campuran Kunyit Untuk Usir Jerawat

Senin, 13 Januari 2020 11:32 WIB Nur Khansa Ranawati
Gaya Hidup - Sehat, 4 Resep Campuran Kunyit Untuk Usir Jerawat, jerawat di punggung, nasional, kesehatan, hilangkan jerawat, khasiat kunyit, herbal penghilang jerawat, bahan alami penghilang jerawat

Ilustrasi (unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Kunyit sudah lama dikenal sebagai salah satu bahan alami yang mampu memberantas jerawat. Kandungan anti-bakterinya dapat dimanfaatkan sebagai pengendali pertumbuhan jerawat pada wajah.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (13/1/2020), selain menggunakan kunyit, campuran bahan alami lainnya juga dapat dimanfaatkan sebagai penghilang jerawat dengan efek samping minimal. Berikut 4 resep yang dapat dicoba di rumah :

1. Kunyit dan Madu

Kunyit memiliki kandungan anti-bakteri dan anti-peradangan. Sementara madu memiliki kandungan anti-bakteri dan kemampuan melembabkan. Paduan dari kandungan tersebut dapat membantu Anda menghilangkan jerawat sealigus menutrisi dan melembapkan kulit.

Bahan yang diperlukan adalah 1 sendok teh kunyit bubuk dan 1/2 sendok teh madu. Untuk membuatnya, taruh bubuk kunyit di sebuah mangkuk. Tambahkan madu. Campurkan hingga membentuk pasta bertekstur lembut.

AYO BACA : Manfaaat Kulit Jeruk untuk Wajah Berjerawat, Kusam, dan Berminyak

Oleskanlah pasta tersebut pada jerawat. Tunggu selama 10 menit, kemudian bilas menggunakan air panas. Lakukanlah langkah ini sebanyak 1 hingga 2 kali per minggu.

2. Kunyit dan yogurt

Kunyit memilki kandungan yang mampu mengempiskan jerawat, sementara yogurt mampu mempercepat pemulihan luka bekas jerawat karena kandungan lactic acid-nya. Kombinasi keduanya dapat menjadi senjata yang ampuh untuk memerangi jerawat.

Bahan yang dibutuhkan meliputi 1/2 sendok teh kunyit bubuk dan 2 sendok makan yogurt. Sama dengan resep sebelumnya Anda hanya perlu mencampurkan kedua bahan ini untuk menjadi sebuah pasta oles yang halus.

Oleskan pada bagian wajah yang terkena jerawat dan diamkan selama 15 menit. Bersihkan dengan seksama, dan ulangi langkah ini 2-3 kali seminggu.

AYO BACA : Kurangi Jerawat hingga Bintik Hitam, Ini Manfaat Putih Telur untuk Wajah

3. Kunyit dan Tomat

Sifat asam dari tomat dapat membantu membersihkan jerawat sementara kunyit dapat meredakan kondisi yang membuat jerawat memerah. Sehingga, gabungan kunyit dan tomat dapat membantu jerawat Anda untuk tak lagi meradang.

Ambillah tomat besar yang telah matang dan sejumput kunyit bubuk. Masukan tomat ke dalam mangkuk dan tumbuklah hingga menjadi serupa bubur. Kemudian tambahkan sejumput kunyit ke dalamnya, dan campur rata.

Pakai campuran ini ke area wajah yang ditumbuhi jerawat, tunggu selama 5-10 menit. Bilas dan gunakan masker ini seminggu dua kali.

4. Kunyit dan lemon

Lemon memiliki kandungan antibakteri dan pencerah kulit, dan kandungan asam alami dalam lemon mampu mengurangi jerawat dan membersihkan bekas luka jerawat. Untuk membuat campuran lemon dan kunyit, sediakan lah 1/4 bubuk kunyit dan 1/2 sendok teh perasan lemon.

Campurkan keduanya dalam sebuah mangkuk. Tambahkan pula air secukupnya hingga membentuk pasta. Oleskan pada bagian wajah yang berjerawat dan diamkan selama 15-20 menit. Pakailah satu minggu sekali.

AYO BACA : 6 Manfaat Cuka Apel untuk Kulit, Atasi Jerawat hingga Bau Badan

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers