web analytics
  

Rektor Unpad Dukung Inovasi Pengabdian Masyarakat Lewat Bandung Bee Sanctuary

Sabtu, 11 Januari 2020 17:23 WIB Nur Khansa Ranawati
Bandung Raya - Bandung, Rektor Unpad Dukung Inovasi Pengabdian Masyarakat Lewat Bandung Bee Sanctuary, Inovasi unpad,unpad,rektor unpad,rina indiastuti,lebah

Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti meresmikan kebun budi daya lebah Bandung Bee Sanctuary (BBS) di bilangan Dago, Jumat (10/1/2020).(Ayobandung.com/Nur Khansa)

COBLONG, AYOBANDUNG.COM--Rektor Universitas Padjadjaran Rina Indiastuti mendukung langkah inovasi salah satu komunitas bisnis Unpad, The Local Enablers dalam membangun model bisnis yang memberdayakan masyarakat. Hal tersebut disampaikan ketika dirinya meresmikan kebun budi daya lebah Bandung Bee Sanctuary (BBS) di bilangan Dago, Jumat (10/1/2020).

BBS diklaim sebagai kebun budidaya lebah pertama di Indonesia yang dibangun dan digerakkan lewat kolaborasi mahasiswa, dosen, peneliti dan masyarakat setempat. Tak hanya menngembangbiakkan lebah dan menghasilkan madu, BBS juga berperan mengembangkan teknologi berbasis IoT hingga hilirisasi berbagai produk olahan madu.

Rina mengatakan, hal yang dikerjakan di BBS merupakan wujud nyata pengabdian ilmu untuk kemaslahatan masyarakat. Dirinya mendukung penuh inovasi serupa untuk terus dikembangkan di Unpad.

"Ini adalah salah satu model karya yang perlu diapresiasi tinggi. Unpad tidak hanya punya komitmen untuk mengembangkan SDM berkualitas tinggi, tapi juga berperan pada pengabdian masyarakat sehingga masyarakat jadi berdaya," ungkapnya.

Dalam bentuk inovasi bisnis sebagaimana yang diterapkan BBS, Rina mengatakan, mahasiswa dan dosen dapat berkolaborasi untuk menyalurkan kreativitasnya. Hal tersebut sekaligus juga merupakan perwujudan model kewirausahaan berbasis sosial dan teknologi yang baik.

"Mahasiwa tidak hanya numpang eksis, tapi juga bisa berperan. Ini adalah model sociotechnepreneurship yang baik. Dosen juga tertular semangat milenial untuk bisa jadi kreatif tanpa batas," ungkapnya.

"Ke depannya silakan kreativitas ini terus ditumbuhkan. Kami yakin denga kolaborasi seperti ini, inovasi seperti BBS bisa menjadi ajang belajar sepanjang hayat," lanjutnya. 

Editor: Adi Ginanjar Maulana

artikel terkait

dewanpers