web analytics
  

3 Bahan Perawatan Wajah yang Bisa Dibuat Sendiri

Sabtu, 11 Januari 2020 03:23 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 3 Bahan Perawatan Wajah yang Bisa Dibuat Sendiri, penuaan dini, gaya hidup, obat penuaan dini, kecantikan, salon di jepang, salon muslimah

Ilustrasi (pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Kulit adalah organ indera terbesar dan penghalang pertama bagi benda asing untuk memasuki tubuh. Kulit mengalami banyak hal dan dapat lebih menderita di saat musim dingin.

Di sinilah peran produk perawatan kulit, yakni untuk memastikan bahwa kulit tetap sehat. Namun, sebuah penelitian baru-baru ini menemukan bahwa produk perawatan kulit dapat benar-benar lebih berbahaya daripada bermanfaat.

Menurut sebuah penelitian yang diterbitkan dalam jurnal Science Immunology, ditemukan bahwa bahan kimia tertentu dalam produk perawatan kulit dapat memicu reaksi dari sel-T sistem kekebalan tubuh yang menyebabkan alergi.

AYO BACA : Hati-hati! 3 Bahan Alami Ini Ternyata Tak Cocok untuk Perawatan Wajah

Untuk menghindari alergi semacam itu, dapatkan hasil yang lebih baik untuk kulit dengan menggunakan produk alami. Berikut cara membuat dan menggunakannya di rumah, dilansir di Times Now News, Kamis (9/1):

1. Susu segar untuk membersihkan wajah

Untuk membersihkan wajah, ambil satu sendok susu segar dalam mangkuk dan celupkan bola kapas ke dalamnya. Gunakan bola kapas untuk menyebarkan susu pada kulit dan biarkan selama dua menit sebelum dicuci dengan air.

AYO BACA : Manfaat Putih Telur untuk Kecantikan Wajah

Asam laktat dalam susu akan membantu mengurangi pigmentasi, meringankan kulit terbakar, melembapkan kulit, menyembuhkan kulit kering, dan membersihkan pori-pori.

2. Tepung gram atau dadih untuk pengelupasan kulit

Setelah membersihkan wajah, coba menggunakan campuran tepung gram alias tepung besan dan dadih untuk pengelupasan kulit. Tepung gram yang berasal dari India sangat sehat untuk kulit dan butiran kecilnya dapat membantu membersihkan pori-pori secara menyeluruh.

Dadih mengandung khasiat menyembuhkan dan dapat membantu mengurangi pigmentasi, menghitamnya kulit akibat terbakar matahari, dan meningkatkan kesehatan kulit. Oleskan campuran tepung dan dadih, biarkan kering, dan gunakan minyak lembut atau air untuk membilasnya. Saat mengangkat tepung gram dari wajah, gosok kulit dengan lembut ke arah atas untuk memastikan pengelupasan kulit.

3. Gel lidah buaya untuk pelembap

Agar kulit tetap sehat, jagalah kelembapannya. Gunakangel lidah buaya langsung dari tanamannya untuk melembapkan wajah. Gel lidah buaya juga dapat menmbuat kulit lebih halus dan sehat. Lidah buaya pun memiliki manfaat kesehatan lainnya, seperti mengurangi jerawat, pigmentasi, dan kulit kusam.

AYO BACA : Kurangi Jerawat hingga Bintik Hitam, Ini Manfaat Putih Telur untuk Wajah

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers