web analytics
  

Kembali Dapat Keluhan Penyumpang, Menhub Peringatkan Garuda Soal Layanan

Selasa, 7 Januari 2020 13:23 WIB

Ilustrasi (republika)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengingatkan maskapai Garuda Indonesia untuk memperbaiki kualitas pelayanan. Hal ini ia sampaikan menyusul adanya keluhan salah satu penumpang Garuda yang mendapat perlakuan tidak menyenangkan dari pilot Garuda.

"Kami sudah memberikan peringatan kepada Garuda, ini kan berkaitan dengan pelayanan, jadi (sebenarnya) urusan Garuda dengan yang bersangkutan. Saya apresiasi Garuda sudah minta maaf secara terbuka kepada klien," ujar Budi Karya saat ditemui wartawan di Kantor Wakil Presiden, Jakarta, Selasa (7/1).

AYO BACA : Didakwa Terima Suap Rp46,1 Miliar, Eks Dirut Garuda: Maaf Saya Khilaf

Menurutnya, meskipun pihak maskapai  telah meminta maaf secara terbuka kepada penumpang, namun Pemerintah mengingatkan Garuda melakukan islah dengan penumpang tersebut.

"Saya harapkan Garuda melakukan suatu islah dengan customer ini dan jadikan ini suatu pelajaran yang mahal dan tidak boleh terjadi hal hal seperti ini," ujar Budi Karya.

AYO BACA : KPK Dakwa Eks Dirut Garuda Emirsyah Satar

Budi Karya juga meminta masalah keluhan tersebut menjadi pelajaran semua operator penerbangan dalam hal pelayanan. Ia meminta seluruh operator menyiapkan kru kru penerbangan yang mempunyai dasar customer satisfaction atau kepuasan pelanggan.

"Kami sebagai satu regulator tetap minta kepada para operator mempersiapkan tim-tim yang punya dasar customer satisfaction yang bagus karena pelayanan tidak bisa dipisahkan dengan layanan apalagi memang bandara, pesawat, penerbangan itu ujung tombak dari wisata, jadi kalau operator tidak siapkan customer satisfaction ini akan bermasalah," ujar Budi Karya.

Sebelumnya, seorang penumpang pesawat Garuda Indonesia menceritakan keluhannya saat melakukan penerbangan dengan nomor penerbangan GA 404 rute Jakarta-Denpasar pada Sabtu (4/1). Penumpang tersebut menceritakan pengalaman tidak menyenangkan itu di akun Twitter pribadinya @jesswjk terkait sikap pilot dalam penerbangan tersebut yang merugikan dirinya dan keluarganya.

akun @jesswjk menceritakan hal yang tidak menyenangkan yang dialaminya saat penerbangan tersebut. Ia mengaku ditahan oleh petugas keamanan penerbangan (avsec) atas perintah pilot berdasarkan surat keterangan.

Ia diminta agar tidak keluar lounge untuk diminta klarifikasi atas tuduhan penghinaan terhadap maskapai pelat merah tersebut. Surat keterangan tersebut ditandatangani oleh Unit Post Flight Garuda Indonesia Denpasar I Wayan Sugiarta.

AYO BACA : Dituding Hina Garuda Indonesia, Penumpang Ini Hampir Ditahan dan Jadi Viral

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel lainnya

dewanpers