web analytics
  

Kunjungi Korban Banjir Padalarang, Wagub Uu Tanggapi Tudingan KCIC Jadi Penyebab

Kamis, 2 Januari 2020 15:22 WIB Tri Junari

Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum meninjau korban banjir bandang di Padalarang, Kabupaten Bandung Barat, Kamis (2/1/2020). (Ayobandung.com/Tri Junari)

NGAMPRAH, AYOBANDUNG.COM -- Wakil Gubernur Jawa Barat Uu Ruzhanul Ulum melakukan pantauan langsung korban terdampak bencana banjir bandang di Kabupaten Bandung Barat (KBB), Kamis (2/1/2020) siang.

Uu mendatangi Kampung Lebaksari RT01 RW 02, Desa Mekarsari, Kecamatan Ngamprah tepatnya berada di sekitar underpass Padalarang, di bawah stasiun Padalarang.

AYO BACA : Selain Proyek KCIC, Ini Penyebab Banjir Underpass Padalarang

Di lokasi ini 85 Kepala Keluarga dengan total 367 jiwa terdampak banjir bandang yang menerjang kawasan ini, Selasa (31/12/2019) sore. Banjir juga sempat menutup akses jalan Underpass Padalarang-Cisarua dan merendam puluhan rumah warga.

"Saya datang meninjau ke sini atas nama pemerintah pemerintah Jawa Barat mewakili pak Gubernur Ridwan Kamil untuk memastikan kondisi korban bencana ini sudah mendapat penanganan terbaik," ungkap Uu usai meninjau rumah warga terdampak.

AYO BACA : Sejak Ada Proyek KCIC, Banjir di Underpass Padalarang Terjadi Berulang Kali

Menurutnya, sejauh ini kebutuhan logistik bagi korban terdampak sudah aman dengan mendirikan dapur umum. Saat ini warga terdampak dan relawan melakukan pembersihan rumah dari endapan lumpur sisa banjir bandang.

Soal tudingan penyebab banjir akibat adanya proyek Kereta Cepat Indonesia China (KCIC) di sekitar lokasi, Uu menilai hal itu harus didalami terlebih dulu. 

"Soal itu kita harus dalami dulu, yang terpenting saat ini jangan saling menyalahkan dahulu. Kemudian bagaimana solusi penanganan korban dan bencana ini jangan terjadi lagi,"katanya.

Di tempat sama Bupati Bandung Barat Aa Umbara Sutisna mengatakan setelah pihaknya bersikap keras saat terjadi banjir dengan menuding KCIC penyebabnya. Ia meminta pihak KCIC cepat tanggap dan berjanji bersama-sama mencari solusi agar banjir bandang di lokasi proyek tak terulang.

"Kemarin kan saya diserang warga, ada drainase yang menyebabkan banjir di sini. Tetapi setelah itu kita akan bersama-sama menyelesaikannya," tutur dia.

AYO BACA : Aa Umbara Tuding KCIC Biang Kerok Banjir di Underpass Padalarang

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers