web analytics
  

Lindungi Mobil dari Banjir, Ayo Cermati Jenis Asuransi Kendaraan

Kamis, 2 Januari 2020 11:24 WIB
Umum - Nasional, Lindungi Mobil dari Banjir, Ayo Cermati Jenis Asuransi Kendaraan, banjir, tips menghadapi banjir, tips berkendara saat banjir, tips terjebak banjir, banjir jakarta, banjir tahun baru, titik terendam banjir, banjir surut, banjir bandang jakarta, banjir jabodetabek, asuransi kendaraan, asuransi kendaraan saat banjir

Ilustrasi (suara.com)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Banjir yang melanda Jakarta pada awal 2020 telah menyebabkan puluhan warga mengungsi, serta menimbulkan kerugian materi dalam jumlah besar. Tak terkecuali kendaraan bermotor sebagai pendukung mobilitas sehari-hari.

Dalam sebuah tayangan video soal banjir yang diunggah setelah kejadian air bah melanda Jabodetabek kemarin (1/1/2020) terlihat beberapa mobil dan sepeda motor terbawa arus deras. Terpikir sudah, kerugian bakal ditanggung karena nahas itu.

AYO BACA : 6 Cara Menghindari Bahaya Saat Terjebak Banjir Ketika Berkendara

Bila tunggangan kesayangan dilengkapi dengan asuransi kendaraan, maka kerugian akibat banjir ini bisa ditangani lewat klaim asuransi. Akan tetapi ada catatan penting, yaitu polis asuransi yang diikuti memiliki klausul "Perluasan Jaminan".

Kepada Suara.com, Laurensius Iwan Pranoto, Senior Vice President Communications and Service Management Asuransi Astra mengungkapkan bahwa bencana alam seperti banjir pada dasarnya tidak masuk dalam jaminan asuransi.

AYO BACA : Ridwan Kamil dan Istri Tinjau Lokasi Banjir di Bekasi dan Bogor

"Akan tetapi, bisa dicover bila mengikuti "Perluasan Jaminan" terhadap bencana alam, contohnya banjir," paparnya.

Bagaimana bila asuransi kendaraan bermotor yang diikuti sebatas asuransi standar?

Menurut Laurensius Iwan Pranoto, perluasan atas polis asuransi yang sudah diikuti bisa ditambahkan cakupannya. Pemegang polis asuransi cukup datang ke kantor cabang asuransi yang diikuti serta meminta tambahan premi asuransi dengan "Perluasan Jaminan". Begitu disetujui dan dibayar, maka cakupan perlindungan akan bertambah sesuai klausul baru yang ditambahkan.

Adapun jenis asuransi yang memberikan perlindungan atas mobil saat ini ada dua, yaitu:
1. Total Loss Only (TLO) yang memberikan biaya perbaikan atas kerugian yang terjadi atau ditimbulkan, dengan nilai lebih dari 75 persen dari harga kendaraan sebelum kerugian, serta menjamin kerugian apabila terjadi kendaraan hilang akibat dicuri.
2. Comprehensive atau keseluruhan risiko. Dengan cakupuan klaim berupa semua jenis kerusakan, dari kategori kerusakan ringan dan berat, sampai kehilangan, termasuk risiko dari kerusuhan, bencana alam sampai tanggung jawab hukum pihak ketiga.

Untuk mendapatkan perlindungan atau klaim asuransi kendaraan atas kejadian banjir seperti terjadi di Indonesia saat ini, pastikan terlebih dahulu bahwa polis asuransi yang diikuti telah menyertakan klausul "Perluasan Jaminan" terhadap banjir.

AYO BACA : Total 34 Bencana Banjir dan Longsor Terjadi di Depok

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers