web analytics
  

Polisi Ungkap Kronologi Dugaan Pelecehan Mahasiswa Telkom University

Selasa, 31 Desember 2019 12:51 WIB Mildan Abdalloh

Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polresta Bandung Ipda Riskawati. (Ayobandung.com/Mildan Abdalloh)

SOREANG, AYOBANDUNG.COM -- Seorang mahasiswi Telkom University diduga menjadi korban pelecehan seksual oleh seniornya pada tahun lalu. Kanit Perlindungan Perempuan dan Anak Polresta Bandung Ipda Riskawati mengatakan, kejadian dugaan pelecehan seksual tersebut terjadi pada 30 November 2018.

"Kami menerima laporan pada 19 Desember 2019 terkait dugaan pelecehan seksual," tutur Riskawati, Selasa (31/12/2019).

Berdasarkan keterangan korban, ujar Riskawati, hubungan antara pelapor dengan terlapor adalah senior dan junior satu jurusan di Telkom University. Pada 30 November tahun lalu, terlapor menjemput korban untuk menonton sebuah film. Sepulang dari menonton, korban kemudian dibawa ke kosan terlapor.

Riskawati mengatakan, aksi pelecehan itu dilakukan terlapor saat korban ada di kosannya. Bahkan korban saat itu diminta untuk tetap tinggal hingga sepekan,

"Setelah disetubuhi, korban tidak diperbolehkan pulang. Dia tinggal di kosan terlapor selama lebih kurang 7 hari," katanya.

Korban, kata Riskawati, mengaku menurut kepada terlapor karena patuh terhadap seniornya. "Kami masih melakukan lidik. Beberapa saksi akan kami mintai keterangan," ujarnya.

AYO BACA : Menelusuri Dugaan Pelecehan Mahasiswa Telkom University

Ia menuturkan, korban saat ini masih masih trauma dengan kejadian tersebut.

Menanggapi hal tersebut, Direktur Sekretariat Telkom University Lia Yuldinawati mengatakan, pihaknya akan melakukan investigasi dari kebenaran kasus dugaan pelecehan seksual tersebut.

Menurutnya, pihaknya tidak melakukan pembiaran terhadap kasus tersebut seperti yang disebutkan oleh United Voice dalam postingannya di sosial media.

"Kami baru mengetahui ada kasus tersebut," tuturnya saat dikonfirmasi, Senin (30/12/2019).

Hasil dari investigasi akan menjadi dasar bagi Telkom University dalam menentukan langkah selanjutnya.

"Jika benar ada kejadian itu dan mahasiswa kami melakukan tindakan seperti yang dituduhkan, kami akan tindak tegas sesuai dengan aturan yang berlaku di Telkom University dan hukum di Indonesia," tegasnya.

AYO BACA : Mahasiswa Diduga Lakukan Pelecehan, Telkom University Didesak Tegas

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers