web analytics
  

Bogor Gelar Puncak Berzikir, Pelancong Diminta Antisipasi Kemacetan Panjang

Minggu, 29 Desember 2019 17:23 WIB Husnul Khatimah

Antrean kendaraan di Jalur Puncak saat liburan akhir tahun. (Ayobogor.com/Husnul Khatimah)

BOGOR, AYOBANDUNG.COM -- Polres Bogor mengimbau masyarakat untuk melewati jalur alternatif saat hendak melintasi Jalur Puncak, Kabupaten Bogor pada Senin (30/12/2019) malam. 

Kasatlantas Polres Bogor AKP Muhammad Fadli Amri mengatakan, Senin (30/12/2019) malam nanti akan ada kegiatan tahunan keagamaan yakni Puncak Berzikir yang digelar di Masjid Atta'awun mulai dari pukul 18.00 WIB hingga 02.00 WIB. 

"Kami mengimbau kepada masyarakat apabila memang tidak terlalu urgent atau penting bisa mengalihkan perjalanannya menggunakan jalur alternatif karena diprediksi pada saat perayaan Puncak Berdzikir akan menimbulkan kemacetan yang cukup panjang,” ujar Fadli, Minggu (29/12/2019). 

Dia mengatakan, kegiatan  tersebut akan dihadiri oleh ribuan jemaah baik dari Kota Bogor, Kabupaten Bogor maupun dari luar Bogor. Banyaknya jemaah yang akan hadir tidak akan tertampung di dalam lokasi masjid sehingga jemaah juga akan memenuhi luar ruangan masjid.

"Minimnya tempat parkir juga akan memaksa kendaraan parkir menggunakan badan jalan sehingga menimbulkan kemacetan lalu lintas di seputar lokasi kegiatan. Selain itu banyaknya PKL yang berjualan di pinggir-pinggir jalan sehingga menutupi arus kendaraan di kedua arah," kata Fadli. 

Oleh karena itu Fadli mengimbau masyarakat untuk melewati jalur alternatif agar terhindar dari kemacetan panjang. Jalur alternatif yang dapat dilalui pengendara yakni jalur Sukabumi dan jalur Cibubur-Cileungi-Cariu-Jonggol.

Beberapa antisipasi juga akan dilakukan oleh Polres Bogor untuk menghindari kemacetan lalu lintas di lokasi yaitu menyiapkan kantung parkir di Gunung Mas, Riung Gunung, dan Gantole. Selain itu Polres juga akan melaksanakan kanalisasi mulai dari Gunung Mas sampai dengan perbatasan Bogor Cianjur.

"Bila diperlukan kami akan melaksanakan pengalihan arus di tol dan melakukan sosialisasi terhadap masyarakat untuk menghindari kemacetan yang terjadi di jalur puncak dapat melalui jalur alternatif," kata Fadli. 

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers