web analytics
  

Basarnas Imbau Pendaki Lapor Sebelum Berangkat

Minggu, 29 Desember 2019 13:27 WIB Mildan Abdalloh
Bandung Raya - Bandung, Basarnas Imbau Pendaki Lapor Sebelum Berangkat, basarnas jabar, basarnas, mendaki gunung, mendaki gunung aman

Ilustrasi (Pixabay)

RANCAEKEK, AYOBANDUNG.COM--Di penghujung tahun, banyak orang yang merayakan pergantian tahun baru di puncak gunung. Kepala Kantor SAR Bandung Deden Ridwansyah mengimbau pendaki untuk melapor beberapa hari sebelum berangkat.

Deden mengatakan melapor kepada Kantor SAR dilakukan untuk mengantisipasi adanya hal yang membahayakan selama dalam pendakian.

"Untuk mengantisipasi jika sewaktu-waktu ada musibah. Laporkan data diri beserta kelompoknya dan juga nomor kontak ke kami dan juga ke petugas pengelola wilayah. Jadi bisa mempermudah kami untuk berkoordinasi," tutur Deden, Minggu (29/12/2019).

Laporan juga berisi jalur pendakian yang akan digunakan oleh pendaki. Sehingga jika terjadi musibah, petugas lebih mudah dalam melakukan pencarian.

Di samping itu, Deden juga mengimbau agar pendaki membawa alat Personal Locator Beacon (PLB). PLB merupakan alat suar pemancar sinyal marabahaya yang bisa diaktifkan saat pemilik PLB mengaktifkannya.

Dengan adanya suar dari PLB, petugas bisa dengan mudah menemukan pendaki yang tersesat atau mengalami kecelakaan.

Editor: Rizma Riyandi

artikel terkait

dewanpers