web analytics
  

5 Cara Bikin Cuci Piring Lebih Mudah

Jumat, 27 Desember 2019 18:06 WIB
Gaya Hidup - Sehat, 5 Cara Bikin Cuci Piring Lebih Mudah, cuci piring, cara mencuci piring, cara mencuci piring mudah, mudah mencuci piring

Ilustrasi (flickr)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM--Cuci piring mungkin bukanlah tugas favorit siapapun. Namun semua orang tidak bisa menghindarinya misalnya saat asisten di rumah sedang cuti. Mencuci piring tapi bisa dilakukan dengan cara yang lebih menyenangkan. Mudahkan proses cuci piring dengan lima tip sederhana ini:

1. Sebelum memulai hari, awali dengan tempat cuci piring yang kosong

Tidak ada yang lebih buruk daripada bersiap-siap untuk menangani tempat cuci piring yang penuh dengan piring kotor, hanya untuk menyadari bahwa tempat cuci piring itu perlu dikosongkan. Buat kebiasaan mengosongkan tempat cuci piring di malam hari setelah makan malam, dan mengosongkannya di pagi hari.

Memulai setiap hari dengan tempat cuci piring kosong adalah langkah sederhana yang membuat perubahan besar. Saat kita dan keluarga membuat hidangan yang mengotori piring sepanjang hari, kita dapat membilas dan merapihkannya.

2. Gunakan bak air besar dengan sabun

Ketika sudah melihat banyaknya cucian piring dari sesudah makan malam, gunakan bak besar berisi air sabun untuk memulai mencuci piring. Sebelum mulai memasak, isi bak besar atau wadah besar lainnya dengan air panas bersabun dan tempatkan di sebelah tempat cuci piring.

Saat memasak, letakkan peralatan bekas memasak dan piring kotor lainnya ke dalam bak sabun tersebut. Ketika tiba untuk mencuci piring, piring kotor akan terendam tanpa mengotori wastafel.

3. Cuci secara berurutan

Tahukah Anda sebenarnya ada cara khusus untuk mencuci piring agar lebih mudah? Untuk menjaga air sebersih mungkin sepanjang pekerjaan, mulailah dengan barang yang tidak terlalu kotor, seperti cuci gelas dan sendok garpu terlebih dahulu.

Kemudian pindah ke piring, mangkuk, dan piring saji. Simpan panci, wajan, dan piring lauk untuk yang terakhir. Dengan cara ini, mencuci piring jadi lebih mudah.

4. Jangan menunda

Meskipun mencuci piring bukanlah tugas favorit siapapun, menundanya justru akan memperburuknya. Piring akan terus menumpuk, makanan yang tersisa akan mengering di piring kotor dan semakin sulit untuk dibersihkan, serta piring yang tidak dicuci adalah tempat berkembang biaknya bakteri.

Cobalah untuk mencuci atau membilas piring segera setelah digunakan, kemudian letakkan di rak piring segera. Tidak menunda cuci piring mungkin merupakan kebiasaan yang sulit untuk dihilangkan, tetapi begitu dilakukan, maka itu akan konsisten.

5. Masukkan piring bersih ke rak piring dengan benar

Berhati-hatilah agar tidak terlalu membasahi rak piring atau menghalangi aliran air dengan sampah makanan. Talenan besar dan piring saji harus diletakkan di rak bawah, ke samping atau belakang.

Gelas-gelas, dan peralatan plastik, seperti piring anak-anak, harus diletakkan di rak paling atas. Dan setiap sebulan sekali, bersihkan rak piring dengan saksama.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Republika.co.id.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Rizma Riyandi
dewanpers