web analytics
  

Fikom Unpad Perkuat Hubungan Akademik dengan Malaysia

Rabu, 25 Desember 2019 18:25 WIB Ananda Muhammad Firdaus
Umum - Internasional, Fikom Unpad Perkuat Hubungan Akademik dengan Malaysia, fikom unpad, iski, mace, pkk psm,

Penandatanganan kerja sama antara ISKI dengan MACE, serta Fikom Unpad dengan PPK USM. (ist)

PENANG, AYOBANDUNG.COM -- Ikatan Sarjana Komunikasi Indonesia (ISKI), Fakultas Ilmu Komunikasi Universitas Padjajaran (Fikom Unpad), Persatuan Pendidik Komunikasi Malaysia (MACE), serta Pusat Pengajian Komunikasi Universiti Sains Malaysia (PPK USM) memperkuat hubungan akademik.

Hubungan akademik itu dituangkan dalam bentuk kerja sama yang ditandai dengan penandatanganan MoU pada 17 Desember 2019 saat pembukaan Seminar Akademik Komunikasi atau Communication Academics Seminar (CAS19) di Pusat Pengajian Komunikasi USM, Penang, Malaysia.

AYO BACA : Dekan FEB Unpad Ungkap Alasan di Balik Gagalnya Start-Up

Melalui keterangan tertulis yang diterima Ayobandung.com, Rabu (25/12/2019), disebutkan bahwa penandatanganan MoU antara MACE dan ISKI melihat kepada pemetaan kepakaran sarjana komunikasi yang dinamis antara kedua negara. Kedua pihak menilai, sudah waktunya sebuah kolaborasi dilakukan untuk mengatasi isu komunikasi bersama.

Penggagas MACE, Adnan Hussein berharap, kedua belah pihak berkomitmen kepada usaha kolaborasi ini. Adnan percaya usaha ini akan menarik lebih banyak persatuan akademik dari Negeri Jiran untuk menyertai usaha sebagai satu kolaborasi nusantara.

AYO BACA : Sinergikan Pakar, Unpad Dorong Pemprov Jabar Terbitkan Obligasi Daerah

Sementara kerja sama Unpad yang ditandai oleh penandatangan MoU dilakukan dengan PPK USM. Dekan FIKOM Unpad Dadang Rahmat Hidayat berharap, perjanjian ini dapat mengukuhkan penelitian bersama, pertukaran dosen, penerbitan, dan menggelar seminar.

“Kami juga berkeinginan untuk membangun pusat komunikasi lingkungan dan berharap dapat bekerja sama dengan PPK USM dalam mendapatkan bahan rujukan,” kata Dadang.

Senada itu, Dekan PPK USM Nurzali Ismail juga melihat peluang melaksanakan program akademik bersama yakni program pesisir Sarjana Komunikasi Lingkungan. Selain itu, mobilitas mahasiswa juga satu peluang yang boleh ditindaklanjuti.

Sebagai tambahan, Fikom Unpad dan PPK USM merupakan fakultas komunikasi pertama yang berdiri di kedua negara. Fikom Unpad berdiri pada tahun 1960, sedangkan PPK USM sudah ada sejak tahun 1971.

AYO BACA : Bahas Masalah Terkini, Alumni Publisistik Unpad Bentuk Forum Komunikasi

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel terkait

dewanpers