web analytics
  

Yamaha XSR 155, Motor Retro dengan Fitur Modern yang Banyak

Senin, 23 Desember 2019 13:49 WIB Arditya Pramono
Bisnis - Finansial, Yamaha XSR 155, Motor Retro dengan Fitur Modern yang Banyak, Yamaha XSR 155, Motor, Retro, Fitur, Modern, Banyak,

Yamaha XSR 155. (Istimewa)

BANDUNG, AYOBANDUNG.COM -- Di penghujung tahun 2019 ini, Yamaha Indonesia meluncurkan 3 motor baru. Salah satunya motor retro berfitur modern, Yamaha XSR 155. Motor sport heritage dari modifikator Tanah Air ini bergaya neoklasik dan resmi dirilis seharga Rp36,2 juta OTR untuk pasar Indonesia.

Yamaha XSR 155 menjadi model pertama retro modern yang dijual Yamaha di Indonesia. XSR 155 masuk dalam klan Sport Heritage XSR. Merupakan salah satu varian yang dimiliki oleh Yamaha global berjenis sport retro.

Motor ini menggabungkan dua genre, yakni desain lawas dan teknologi modern.

Sesuai namanya, XSR 155 bernuansa klasik tetapi sudah dibenamkan teknologi modern. Bentuk headlamp-nya bulat layaknya motor 80-90-an. Namun di dalamnya sudah dilengkapi multireflektor serta lampu Daytime Running Light atau DRL dengan teknologi LED.

Mesinnya XSR 155 berteknologi Variable Valve Actuation (VVA) dengan fitur Assist dan Slipper Clutch, yang merupakan teknologi andalan dari Yamaha.

XSR memakai rangka delta box yang dikenal kokoh dan punya tingkat stabilitas mumpuni.

Selain itu, kaki-kakinya tampak besar. Suspensi depannya pun menggunakan upside down swing arm model banana dengan single shock di belakang. Peleknya lebar, bagian depan 2.75 inci dan belakang 4 inci, serta diameternya 17 inci. Bentuk palangnya serupa dengan MT-15.

Bentuk tangki XSR 155 dirancang membulat dan besar persis motor klasik ‘XS’. Sementara itu, bentuk jok XSR 155 mengusung gaya Heritage. Bentuknya ramping memanjang dengan garis-garis tegas.

Kemudian, setang XSR 155 menggunakan model fatbar dengan riser yang sangat tinggi dengan stop lamp yang dirancang minimalis. Posisinya di ujung jok dengan menempel di bagian bodi belakang. Knalpotnya besar, selaras dengan bodinya.

Selain headlamp dan stop lamp yang sudah LED, fitur canggih lainnya bisa dirasakan di bagian panel instrumen. Berbagai informasi mengenai motor tersaji dalam bentuk layar digital monokromatik. Isinya cukup lengkap, mencakup spidometer, takometer, pengukur bahan bakar dan indikator posisi gigi. Konsol setiap sisi stang mirip dengan MT-15. Di sebelah kanan ada switch starter, di bawahnya ada tombol hazard. Di bagian kiri ada lampu dim, lampu dekat jauh, klakson, dan sein. Bannya lebar tipe tubeless dual purpose Trail Winner lansiran IRC.

Dimensinya paling bongsor di antara para pesaing, 2.000x805x1.080 mm (PxLxT). Sumbu rodanya 1.330 mm, memiliki ground clearance 170 mm.

Tinggi tempat duduknay pun 810 mm, sama seperti MT-15. Ukuran ban lebih besar dari lawannya, 110/70 di depan dan 140/70 di belakang. Pengereman sudah cakram depan maupun belakang. Depan dijepit kaliper 2 piston, belakang dikawal kaliper 1 piston.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers