web analytics
  

Diet di Usia 50 Tahun Bisa Turunkan Risiko Kanker Payudara

Kamis, 19 Desember 2019 20:53 WIB

[Ilustrasi] Wanita di atas usia 50 tahun yang diet meski hanya 1,8 kg rupanya bisa mencegah maupun menurunkan risiko kanker payudara. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Wanita di atas usia 50 tahun yang diet meski hanya 1,8 kg rupanya bisa mencegah maupun menurunkan risiko kanker payudara.

Dilansir dari People, penelitian terbaru mengenai hal itu diterbitkan dalam Journal of National Cancer Institute. Penelitian ini menjadi salah satu studi besar untuk menemukan hubungan yang signifikan antara penurunan berat badan dengan risiko kanker payudara.

AYO BACA : Ingin Diet Tapi Tetap Makan, Coba Konsumsi 5 Makanan Alami Ini

Sebelumnya, penelitian yang lebih dulu menemukan bahwa obesitas meningkatkan kemungkinan kanker payudara setelah menopause.

Para peneliti melihat sejarah kesehatan 180.000 wanita lebih dari 50 dari AS, Australia dan Asia, selama satu dekade. Peneliti melihat bagaimana berat badan mereka berubah dari awal, tengah, dan akhir penelitian, dan apakah mereka didiagnosis dengan kanker payudara.

AYO BACA : Hati-hati Gagal Diet Karena Kecanduan Makan, Kenali 4 Tandanya

Hampir 7.000 wanita menderita kanker payudara selama satu dekade.

Setelah menyesuaikan dengan faktor risiko obesitas dan kanker payudara lainnya, para peneliti menemukan bahwa menurunkan berat badan dan mempertahankannya berdampak signifikan pada kemungkinan kanker payudara.

Mereka yang hanya kehilangan 4,5 lbs atau sekitar 2 kg menurunkan risiko kanker payudara sekitar 18 persen. Hasil lebih baik terjadi pada wanita yang menurunkan hingga 9 kg, dan jika mempertahankannya akan mengurangi risiko sekitar 32 persen.

"Kami sangat bersyukur bisa mengatakan belum terlambat untuk menurunkan risiko Anda jika sebelumnya Anda sudah bertambah berat badan, bahkan setelah usia 50 tahun," tulis rekan penulis studi Lauren Teras, direktur ilmiah penelitian epidemiologi di American Cancer Society.

"Apa yang kami temukan adalah bahwa memang, wanita yang kehilangan berat badan dan mempertahankannya memiliki risiko kanker payudara yang lebih rendah daripada wanita yang memiliki berat badan yang sama," kata Teras kepada NBC News.

AYO BACA : Cara Jaga Berat Badan Tanpa Diet

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel lainnya

dewanpers