web analytics
  

Tabungan SimPel bank bjb Dinilai Cocok Diterapkan kepada Siswa

Kamis, 19 Desember 2019 17:51 WIB Erika Lia

Bank bjb kembali menyosialisasikan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di SDN 2 Pegagan Kidul, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Kamis (19/12/2019). (Ist)

CIREBON, AYOBANDUNG.COM -- bank bjb kembali menyosialisasikan tabungan Simpanan Pelajar (SimPel) di SDN 2 Pegagan Kidul, Kecamatan Kapetakan, Kabupaten Cirebon, Kamis (19/12/2019).

Gelaran sosialisasi Tabungan SimPel diinisiasi Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Provinsi Jawa Barat, Sekretariat Dewan Nasional Keuangan Inklusif (S-DNKI), dengan dukungan World Bank dan State Secretariat for Economic Affairs (SECO).

Rangkaian kegiatan ini sengaja diselenggarakan untuk mendorong proyek percontohan percepatan keuangan inklusif di Desa Pegagan Kidul. Selain itu untuk mendukung perluasan akses keuangan, khususnya bagi segmen pelajar dan implementasi dalam program SimPel.

Sosialisasi yang merupakan bagian dari rangkaian kampanye inklusi keuangan ini melibatkan ratusan pelajar, guru, dan tenaga pendidik lain, yang diwakili Guru Pendidikan Agama Islam SDN 02 Pegagan Kidul, Ahmad Junaedi.

Sosialisasi dihadiri berbagai lembaga, di antanya perwakilan Bagian Kemitraan dan Pengembangan Ekonomi dan Keuangan Daerah Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional II Jawa Barat, Arum Puspandari dan Eka Krida, Kepala Sub Bagian Administrasi OJK Cirebon, Cindy Fortuna didampingi Bachtiar Rozak dan Nurfadillah, Perwakilan World Bank, Martha Safitri, CEO Regional III bank bjb, Nunung Suhartini, Manajer Konsumer bank bjb Kantor Cabang Sumber, Muhammad Ridwan, serta jajaran pengurus Desa Pegagan Kidul.

Pemimpin Divisi Corporate Secretary bank bjb M As'adi Budiman menyebutkan, perseroan mendukung kesuksesan program One Student One Account (OSOA) yang diprakarsai OJK, perbankan, dan lembaga pemerintah lain.

AYO BACA : Bank bjb Sosialisasi Tabungan SimPel untuk Siswa-siswi Cirebon

Program OSOA sendiri diketahui bertujuan mendorong kepemilikan rekening tabungan oleh seluruh pelajar di Indonesia secara efektif.

"Pemanfaatan produk dan fasilitas industri keuangan nasional di Indonesia masih perlu didorong agar bisa menghasilkan output lebih optimal," katanya.

Dalam kerangka itulah, program OSOA beroperasi dan bank bjb memberi dorongan penuh. Pihaknya meyakini, pemahaman lebih baik yang didorong praktik pemanfaatan produk dan fasilitas keuangan sejak dini, akan mendatangkan benefit lebih optimal di masa depan.

bank bjb, imbuhnya, senantiasa menjadi mitra pemerintah dalam menjalankan berbagai programnya untuk menyukseskan penetrasi literasi dan inklusi keuangan.

Dengan program OSOA, diharapkan para pelajar memiliki rekening Tabungan Simpel sebagai sarana untuk melatih kebiasaan menabung sejak dini.

"OSOA juga akan melatih mentalitas si kecil untuk terbiasa menabung sekaligus memupuk sikap mandiri sejak dini," tambahnya.

AYO BACA : bank bjb Digitalkan Pasar Baru melalui bjb Pasar Ngadigi

Dalam kesempatan itu, diserahkan pula piagam kerjasama pihak sekolah SDN 2 Pegagan Kidul dalam mendukung dan menyukseskan Program OSOA.

Melalui kerja sama itu, diharapkan seluruh siswa SDN 2 Pegagan Kidul khususnya, memiliki satu rekening tabungan sebagai sarana untuk membudayakan gemar menabung.

Kuwu (Kepala Desa) Pegagan Kidul, Yaya Juariah mengungkapkan rasa syukurnya atas keterpilihan dua sekolah di desa itu sebagai sasaran sosialisasi dan edukasi Tabungan SimPel.

"Alhamdulillah desa kami jadi percontohan. Semoga warga jadi lebih tahu menabung di bank," cetusnya kepada Ayocirebon.com (Ayo Media Network).

Menurutnya, Tabungan SimPel cocok diterapkan bagi siswa. Selama ini siswa menabung di sekolah dengan menyerahkan uang kepada guru.

Dia berharap, tabungan di sekolah diganti dengan menabung jamnya di bank. Menurutnya, menabung di bank memiliki tingkat keamanan lebih baik ketimbang disimpan di sekolah.

"Di bank kan ada jaminan keamanan, juga bisa dicek sendiri oleh siswa," tandasnya.

AYO BACA : bank bjb Sinergi dengan Sekar, Siap Tingkatkan Produktivitas Kerja

Editor: Ananda Muhammad Firdaus

artikel lainnya

dewanpers