web analytics
  

Hati-hati dengan Perut Buncit bak Ibu Hamil, Bisa Jadi Itu Tumor

Rabu, 18 Desember 2019 18:15 WIB
Gaya Hidup - Sehat, Hati-hati dengan Perut Buncit bak Ibu Hamil, Bisa Jadi Itu Tumor, Hati-hati, Perut, Buncit, Ibu Hamil, Bisa, Jadi, Itu, Tumor,

[Ilustrasi] Perut buncit bak ibu hamil bisa jadi tanda tumor. (Pixabay)

JAKARTA, AYOBANDUNG.COM -- Seorang wanita asal Cina memiliki benjolan besar di perutnya, bak ibu hamil, yang ternyata adalah tumor.

Setelah diperiksa dokter, benjolan di perutnya adalah tumor dengan berat 34 kg.

Huang (59), nama wanita itu, ternyata sudah memiliki benjolan tumor raksasa tersebut selama bertahun-tahun. Namun, dia selalu mengabaikan dan tak menyadarinya.

AYO BACA : Divonis Tumor Otak, Penjual Mainan Anak Kelimpungan Cari Biaya Berobat

Huang baru dibawa ke rumah sakit oleh keluarganya setelah mengalami kesulitan bernapas. Dia menjalani perawatan di Rumah Sakit Afiliasi Kedua dari Universitas Kedokteran Harbin, setelah beberapa penyakit menolak untuk mengobatinya.

"Saya tidak bisa tidur nyenyak. Aku harus duduk dengan bantalan di belakangku setiap waktu," kata Huang, dikutip dari Fox News.

Setelah diperiksa lebih lanjut, dokter mendiagnosis tumor Huang adalah cystadenoma mucinous ovarium. Penyakit yang dideritanya adalah tumor jinak di jaringan ovarium yang cenderung masif meskipun jarang terjadi.

AYO BACA : Waspadai 6 Penyebab Kanker Lidah Ini

Menurut Perpustakaan Obat Nasional Institut Kesehatan Nasional AS, kista mengandung cairan yang bisa menyebabkan komplikasi kalau pecah.

"Saya telah menjadi dokter selama 38 tahun dan telah melihat banyak tumor besar. Tetapi, saya belum pernah melihat tumor sebesar ini sebelumnya," ujar dr Li Peiling, salah satu dokter yang menangani Huang.

Hasil pemindaian menunjukkan pertumbuhan tumor raksasa tersebut hampir menempati seluruh rongga panggulnya. Selain itu, tumor hampir menutupi organ lainnya, hati, kantong empedu, limpa, dan ginjal.

Dokter mengatakan, pasiennya seperti seorang wanita hamil yang mengandung banyak anak akibat tumor raksasa tersebut. Dia juga mengaku butuh 90 menit untuk mengeringkan tumor sebelum operasi pengangkatan.

Setelah tindakan medis, kini Huang pun dikabarkan belum pulih sepenuhnya dari operasi.

AYO BACA : Marie

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: M. Naufal Hafizh

artikel terkait

dewanpers