web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Buntut Aksi Ricuh Penggusuran Tamansari, 25 Orang Diamankan

Jumat, 13 Desember 2019 12:54 WIB Faqih Rohman Syafei

Sebuah Eksavator digunakan saat eksekusi warga RW 11, Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Polisi mengamankan 25 orang terkait aksi kericuhan yang terjadi pada penertiban sejumlah rumah di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019).

Kapolrestabes Bandung Kombes Pol Irman Sugema mengatakan, mereka sudah di bawa ke Mapolrestabes Bandung. Dari seluruh yang diamankan, sebanyak lima orang dilakukan pemeriksaan secara intensif. 

AYO BACA : Usai Penggusuran di Tamansari, Petugas Pasang Pagar Pembatas

"Dua orang perlu pendalaman Sat Resnarkoba. Tiga lainnya akan didalami di reserse. Sisanya dilakukan pendataan profiling, dipanggil orang tua dan diserahkan dan dibuat surat pernyataan," ujarnya, Jumat (13/12/2019).

Dia menyebutkan, dua orang yang diamankan diduga mengkonsumsi obat-obatan terlarang dan tiga lainnya kedapatan membawa senjata tajam saat penggeledahan oleh petugas.

AYO BACA : DPKP3: Rumah Deret Jadi Langkah Pemkot Tangani Kawasan Kumuh

Menurutnya, ke-25 orang yang diamankan bukan warga setempat yang terkena penertiban. Mereka diduga kelompok masyarakat yang belum teridentifikasi.

"Kecenderungan kelompok tertentu kemungkinan besar bukan warga situ. Mereka dari awal sudah ada pemberitahuan bahwa Satpol PP sudah ada somasi pemberitahuan dilakukan penertiban namun ada sekelompok orang melakukan pelemparan," katanya.

Irman menambahkan, sebanyak delapan orang petugas mengalami luka karena terkena lemparan batu oleh sekelompok orang ketika terjadi kericuhan saat penertiban.
"Pelemparan batu tujuh orang jadi korban dari satpol dan satu anggota polri perlu perawatan," tutur Irman.

AYO BACA : Satpol PP Sebut Penertiban Rumah di Tamansari Sesuai Prosedur

Editor: Fira Nursyabani

artikel lainnya

dewanpers