web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Ingin Cantik Tanpa Make-up? Ikuti 10 Cara Ini

Jumat, 13 Desember 2019 08:08 WIB Nur Khansa Ranawati

Ilustrasi. (Unsplash)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Tidak memakai make-up bukan berarti tidak bisa tampil cantik. Ada sejumlah tips yang dapat dipraktekan agar Anda tidak tampil pucat dan lusuh meskipun sedang tidak mengenakan riasan.

Dilansir dari Boldsky, Jumat (13/12/2019), berikut hal yang dapat Anda lakukan untuk tetap segar tanpa make-up :

1. Tidur Nyenyak

Kunci untuk terlihat segar dan cantik tanpa make-up adalah tidur nyenyak di malam hari. Tidur setidaknya 6-8 jam per-hari diperlukan untuk membuat kulit Anda kembali segar di keesokan hari.

2. Melembabkan kulit

Melembabkan kulit dengan benar dapat membuat kulit Anda lebih cantik dan sehat. Tingkat kelembaban yang tepat bisa menjadikan kulit Anda sehat dan kenyal. Caranya, oleskan lotion secukupnya pada seluruh tubuh Anda setelah mandi.

3. Buang sel kulit mati

Kulit Anda perlu dikelupas secara rutin untuk menghilangkan sel kulit mati yang menumpuk. Pasalnya, sel kulit mati dapat membuat kulit Anda nampak kusam. Gunakanlah scrub yang tersedia di pasaran untuk mengangkat sel kulit mati di wajah ataupun tubuh Anda sebanyak satu hingga 2 kali seminggu.

4. Gunakan toner

Selepas cuci muka menggunakan sabun, hal yang dapat Anda lakukan adalah mengaplikasikan toner pada permukaan wajah secara merata. Hal ini dapat membantu kulit Anda lebih kencang sekaligus mengatur keseimbangan kadar minyak pada wajah.

5. Tidak memencet jerawat

Meskipun nampak menyebalkan, memencet jerawat apalagi dengan tangan kotor akan sangat merugikan wajah Anda. Walau kadang terasa gatal, upayakan untuk tidak menyentuh (apalagi memencet) jerawat dengan tangan agar tidak semakin parah hingga berbekas.

6. Rapikan alis

Tak perlu menggunakan pensil alis, bila tidak ingin mengenakan make-up, sesekali rapikan tampilan alis Anda menggunakan sikat alis. Anda juga dapat melakukan trim secukupnya pada bagian yang mencuat atau tidak rata sehingga penampilan lebih 'cling'.

7. Pangkas rambut

Tidak perlu merubah gaya rambut secara ekstrem, Anda dapat melakukan trimming atau memangkas rambut yang telah panjang tak berbentuk kembali ke 'wujud' asalnya. Misalnya, Anda yang tiga bulan lalu memilki rambut bob dan mendapati potongannya sudah tak keruan, dapat meluangkan waktu ke salon untuk merapikanya.

8. Menjaga kebersihan mulut

Secantik apapun, mulut dan nafas yang bau akan membuat rekan Anda mengernyit. Menjaga kesehatan mulut dan gigi juga penting untuk menjaga Anda tetap memiliki senyum yang menawan. Deretan gigi yang rapi terawat tentu mampu menjadi nilai plus pada tampilan Anda meskipun tanpa polesan make-up.

9. Pakai tabir surya

Meskipun terdengar 'ribet', namun memakai tabir surya atau sunscreen adalah hal yang penting terutama bila Anda tinggal di negara tropis. Terpapar sinar matahari di luar batas waktu yang ideal dapat merusak kulit, membuatnya terlihat kusam hingga meningkatkan kemunculan keriput. Oleskan tabir surya secukupnya pada wajah dan tubuh Anda sebelum beraktivitas di luar ruangan.

10. Rawat kesehatan bibir

Tak perlu pakai lipstik berlebihan, menjaga kesehatan dan penampilan bibir yang segar dapat dilakukan dengan merawatnya. Misalnya, dengan membuat scrub dari gula dan madu untuk mengangkat kulit mati. Jangan biarkan mulut Anda kering dan pecah-pecah. Selepas itu, oleskan pelembab atau lip balm untuk menjaganya tetap sehat.

Editor: Fira Nursyabani
dewanpers