web analytics
  

Gaun Malam Milik Putri Diana Dilelang Rp4,8 Miliar

Kamis, 12 Desember 2019 23:20 WIB

Putri Diana. (Instagram/@chichappensboston)

LENGKONG, AYOBANDUNG.COM -- Putri Diana dikenal sebagai salah satu ikon mode yang namanya tak pernah redup. Apapun yang ia kenakan semasa hidupnya, selalu menarik untuk diberbincangkan dan sangat berharga untuk bisa dimiliki.

Kali ini, yang menjadi pusat perhatian adalah gaun malam Travolta yang pertama kali ia kenakan untuk acara gala dinner di Gedung Putih pada 9 November 1985 silam. Acara tersebut dipandu oleh Presiden Ronald Reagan dan Ibu Negara Nancy Reagan.

Gaun ini dirancang oleh Victor Edelstein dengan material bludru berwarna biru tua yang menyapu lantai. Bagian kerahnya berpotongan tali off shoulders dengan lapisan tulle dan rok yang dekoratif.

Disebut sebagai gaun malam Travolta, karena dalam kesempatan tersebut, Ibu dari Pangeran William dan Pangeran Harry ini sempat berdansa dengan aktor Grease, John Travolta.

Dalam sebuah wawancara dengan majalah People pada tahun 1985, Travolta mengungkapkan bahwa ia diundang ke acara di Gedung Putih oleh Nancy Reagan, dan ia ingin berdansa dengan Putri Diana.

"Dia bertanya padaku apakah aku akan keberatan berdansa dengan sang putri nanti malam," kenang Travolta.

"Aku bertanya apakah itu tepat, dan Nyonya Reagan tersenyum dan berkata, 'Oh ya. Itu salah satu keinginannya. Ketika musik dari film Anda muncul, jika kami tidak keberatan, cobalah bertanya padanya apakah dia mau menari'," kata Travolta saat itu.

Aktor tampan tersebut menambahkan bahwa ia sangat terkesan dengan kemampuan menari sang putri, dan menyatakan bahwa ia memiliki ritme yang hebat.

Dilansir dari Independent, Senin lalu, gaun tersebut telah terjual di pelelangan seharga 264 ribu Pound sterling atau sekitar Rp 4,8 miliar.

Rumah Lelang yang berbasis di London, Kerry Taylor Auctions, memperkirakan gaun itu akan dijual dengan harga 350 ribu Pound sterling atau sekitar Rp 6,4 miliar. Namun, tawaran gagal dan mencapai harga cadangan 200 ribu atau sekitar Rp 3,7 miliar.

Gaun itu kemudian dijual pascalelang ke Historic Royal Palaces, sebuah badan amal independen yang mengelola beberapa koleksi dari istana kerajaan Inggris dengan harga 264 ribu Pound sterling.

"Kami sangat senang telah memperoleh gaun malam ikonik ini untuk koleksi pakaian kerajaan, koleksi yang ditunjuk untuk kepentingan nasional dan internasional, lebih dari 20 tahun sejak pertama kali ia meninggalkan Istana Kensington," kata Eleri Lynn, kurator di Historic Royal Palaces.

"Gaun Travolta tidak hanya merupakan contoh fantastis dari pakaian yang dirancang untuk membuat acara kenegaraan spesial, tapi juga merupakan momen penting dalam kisah mode kerajaan abad ke-20," jelasnya lagi.

Lynn terus menggambarkan sang putri sebagai seseorang yang menjadi ikon mode abadi dan selalu elegan.

Gaun malam ikonik ini memamg menjadi salah satu pakaian favorit Putri Diana dan dikenakan olehnya di sejumlah kesempatan lain, termasuk pada kunjungan kenegaraan ke Austria pada tahun 1986 dan makan malam di Royal Opera House pada tahun 1991. Dia juga sempat mengenakannya untuk pemotretannya oleh Lord Snowden pada tahun 1997.

Pada Juni 1997, hanya dua bulan sebelum kematiannya, Putri Diana melelang gaun itu seharga 100 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp1,8 juta untuk mengumpulkan dana bagi badan amal AIDS.

Pengusaha yang berbasis di Florida, Maureen Dunkel, membeli gaun itu dan menyimpannya di dalam kepemilikannya sampai akhirnya dijual seharga 240 ribu Pound Sterling atau sekitar Rp 4,4 miliar pada bulan Maret 2013.

Menurut laporan, ia membeli barang itu sebagai hadiah untuk menghibur istrinya.

Berita ini merupakan hasil kerja sama antara Ayo Media Network dan Suara.com.

Isi tulisan di luar tanggung jawab Ayo Media Network.

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers