web analytics
  

Gusur RW 11 Tamansari, Satpol PP Kerahkan Alat Berat

Kamis, 12 Desember 2019 12:52 WIB Faqih Rohman Syafei
Bandung Raya - Bandung, Gusur RW 11 Tamansari, Satpol PP Kerahkan Alat Berat, penggusuran tamansari, rumah deret tamansari, penertiban wilayah tamansari, satpol pp kota bandung, ayobandung, bandung hari ini, berita bandung

Sebuah eksavator digunakan saat eksekusi rumah warga RW 11, Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

BANDUNG WETAN, AYOBANDUNG.COM -- Satpol PP Kota Bandung mengeksekusi sejumlah rumah di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kecamatan Bandung Wetan, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019).

Berdasarkan pantauan Ayobandung.com, sejumlah petugas Satpol PP didampingi aparat kepolisian datang sekitar pukul 08.00 WIB. Mereka datang dengan membawa satu unit alat berat berjenis beko.

Sejumlah warga setempat mencoba menghadang petugas Satpol PP yang akan melakukan eksekusi. Warga membuat penghalang dengan menggunakan papan dan barang seadanya.

Petugas Satpol PP terpaksa membuka penghalang tersebut secara paksa. Perlahan petugas mulai mengeluarkan barang-barang dari rumah milik warga.

ayobdg-Eksekusi-Rumah-Warga-Menggunakan-Alat-Berat-Kavin-Faza3

AYO BACA : Tolak Penggusuran RW 11 Tamansari, Warga: 'Nanti Anak Saya Pulang ke Mana?'

Sebuah eksavator digunakan saat eksekusi rumah warga RW 11, Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 

Kepala Bidang Penegakan Hukum Daerah Satpol PP Kota Bandung Idris Kuswendi mengatakan, pihaknya sudah menduga akan mendapatkan penolakan warga terkait eksekusi ini.

"Kami sudah bayangkan masalah itu (eksekusi lahan), kami pikirkan, kami pemerintah sifatnya regulasi. Sudah kita pikirkan dan diberi ruang longgar," ujarnya, Kamis (12/12/2019).

Sebanyak 197 warga Tamansari, klaim dia, yang terkena gusuran sudah meninggalkan daerah ini dan sudah menempati Rusunawa Rancacili. Menurutnya yang tersisa saat ini hanya sebagiak kecil saja.

AYO BACA : Pemkot Bandung Tunggu Waktu Tepat Bangun Rumah Deret Tamansari

ayobdg-Eksekusi-Rumah-Warga-Menggunakan-Alat-Berat-Kavin-Faza5

Warga menyaksikan eksekusi di RW 11, Kelurahan Tamansari, Kota Bandung, Kamis (12/12/2019). (Ayobandung.com/Kavin Faza)

 

Sementara itu, kuasa hukum warga dari LBH Bandung, Rifki Zulfikar menyebutkan eksekusi yang dilakukan oleh Satpol PP tidak seusai prosedur karena proses gugatan warga masih berlangsung di PTUN Bandung.

"Mereka di sini selama berpuluh-puluh tahun, tidak ada yang merasa ini tanah Pemkot, warga taat bayar pajak. Sampai saat ini kami masih menunggu putusan PTUN, dan proses pendaftaran ke badan pertanahan nasional, untuk dikeluarkan sertifikat hak milik bagi warga," ucapnya.

Ia menyebutkan, sampai sekarang jumlah warga yang masih bertahan sebanyak 33 kepala keluarga atau ratusan jiwa di 16 bangunan yang masih berdiri. Pada proses eksekusi ini, dia menuduh terjadi perusakan terhadap barang warga yang menolak.

"Jadi proses ini serangkaian kekerasan terjadi, memang yang jadi korban warga yang masih bertahan dan menolak. Kami masih mendokumentasikan yang dialami warga, sejak banyaknya aparat Satpol PP di sini," katanya.

AYO BACA : Setelah Disahkan, Izin Pembangunan Rumah Deret Tamansari Kembali Digugat

Editor: Fira Nursyabani

artikel terkait

dewanpers