web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Polda Jabar Minta Masyarakat Bijak Gunakan Rest Area saat Nataru

Rabu, 11 Desember 2019 20:21 WIB Faqih Rohman Syafei

Rest Area di Jalan Tol. (Antara)

GEDEBAGE, AYOBANDUNG.COM -- Dir Lantas Polda Jawa Barat, Kombes Pol Eddy Djunaedi menyarankan masyarakat bijak dalam memanfaatkan rest area. Pasalnya, pada musim libur panjang kerap terjadi kepadatan di rest area karena penumpukan kendaraan.

Menurutnya, hingga kini tidak ada aturan yang mengatur waktu penggunaan rest area. Namun guna mencegah kepadatan volume kendaraan di rest area, diimbau masyarakat untuk beristirahat secukupnya.

AYO BACA : Polda Jabar Antisipasi Kemacetan Kendaraan di Jalan Tol saat Nataru

"Sebetulnya tidak ada batasan diharapkan masyarakat sudah lebih bisa menimbang sekiranya sudah cukup, 15 - 30 menit silahkan bisa melanjutkan perjalanan," ujarnya di Mapolda Jawa Barat, Rabu (11/12/2019).

Dia mengatakan masyarakat perlu waspada ketika melakukan perjalanan, khususnya di titik-titik rawan jalan tol. Terkadang pengemudi kerap mengalami jenuh atau lelah sehingga diharuskam untuk beristirahat.

AYO BACA : Soal Kuliner di Rest Area, Jokowi: Pasang Dong Brand-brand Lokal

"Istirahatlah di rest area jangan istirahat di bahu jalan sehingga ganggu perjalanan. Kalau mengantuk lebih bagus tidur sebentar," ucapnya.

Upaya mengantisipasi terjadinya kepadatan di jalan tol pada musim libur akhir tahun, Eddy mengaku telah menyiapkan berbagai langkah rekayasa lalu lintas.

"Cara bertindak pengalihan arus, apabila sudah telihat kepadatan akan dialihkan ke luar ke arteri, jika kepadatan di rest area akan memecahnya dengan contraflow pamungkasnya kita akan menggunakan one way. Ini sangat situasional sekali," katanya.

Ditambahkanya pada natal dan tahun baru, Dit Lantas Polda Jawa Barat menurunkan sebanyak 507 personel  yang disebar memperlancar arus lalu lintas serta meminimalisir jumlah kecelakaan baik di jalan Tol, ataupun jalan alteri dan jalur wisata.

AYO BACA : Permen soal Rest Area Diharapkan Terbit September Ini

Editor: Dadi Haryadi

artikel lainnya

dewanpers