web analytics
  
Banner Kemerdekaan

Geliat Belanja Masyarakat pada Pagelaran Harbolnas

Rabu, 11 Desember 2019 19:52 WIB Netizen Netizen

Ilustrasi Harbolnas 12.12. (Ayobandung.com/Attia Dwi Pinasti)

AYOBANDUNG.COM -- Harbolnas atau Hari Belanja Online Nasional merupakan acara tahunan yang diselenggarakan oleh Asosiasi E-Commerce Indonesia (idEA). Harbolnas hadir sebagai wadah untuk masyarakat yang gemar berbelanja online dengan diskon besar-besaran. Diskon tersebut berupa potongan harga langsung, cashback, dan voucer. Daya tarik harbolnas berada pada potongan harga yang terbilang besar. Apalagi event ini diikuti oleh berbagai macam perusahaan e-commerce.

Kemudahan dalam berbelanja

Harbolnas diadakan pada tanggal 12 Desember seiap tahunnya. Awalnya harbolnas pertama kali diadakan pada 12 Desember 2012 lewat tajuk 12.12.12 dengan diramaikan oleh beberapa perusahaan e-commerce, seperti Lazada, Zalora, Berrybenka, PinkEmma, Bilna, Traveloka, Luxola, dan Persebaya Store. Kala itu harbolnas ingin memperkenalkan atau mengkampanyekan belanja secara online kepada masyarakat. Langkah itu diinisiasi oleh Lazada melihat pertumbuhan internet yang semakin maju namun masyarakat mengetahui cara belanja mudah hanya lewat smartphone.

AYO BACA : Harbolnas 12.12, Ini Tips Gerak Cepat Berburu Fesyen

Belanja online saat ini tidak perlu pergi ke tempatnya langsung. Ataupun repot-repot mencari alamat toko yang dituju. Cukup membuka aplikasi belanja di smartphone serta tinggal mencari dan memilih mana yang ingin dibeli. Untuk metode pembayarannya pun variasinya kini beragam dan lebih mudah. Contohnya melalui mobile banking. Semua kegiatan tersebut bisa dilakukan dengan rebahan di kasur tanpa perlu keluar rumah. Apalagi pada harbolnas, baik itu di rumah ataupun di tempat kerja akan mudah menanti diskon besar-besaran yang menggiurkan.

Mengacu pada program negara besar

Harbolnas mengacu pada pagelaran belanja di negara-negara maju seperti Amerika Serikat, Jerman, Inggris, Kanada, dan Jepang. Nama hari besar belanja tersebut beragam, seperti Amerika Serikat yang memiliki nama Black Friday yang sudah menjadi tradisi sejak 1952 pada hari jumat setelah perayaan Thanksgiving. Lalu hari besar belanja meksiko yang dikenal dengan El Duen Fin, serta Arab Saudi yang memiliki nama hari besar belanja White Friday. Indonesia sebagai negara yang rajin mengadopsi program dari negara lain tentu mengadakan harbolnas dengan menimbang kondisi masyarakat Indonesia, bisa dibilang harbolnas berhasil mendapatkan atensi dari masyarakat.

AYO BACA : Siap-siap Harbolnas, Ini Daftar Promo hingga 99%

Kondisi masyarakat Indonesia bila digambarkan ialah haus akan harga miring, slebor dalam berbelanja, tertarik pada barang-barang mewah, namun ingin harga murah, dan hasrat ingin belanja yang tinggi. Dari referensi yang ada di negara maju, ternyata bisa diterapkan di Indonesia. Sisi positifnya adalah menimbulkan budaya belanja online yang efisien dan bisa diterapkan oleh mayoritas masyarakat Indonesia.

Harbolnas tahun 2019

Pada tahun 2019, harbolnas diselenggarakan selama dua hari, yakni tanggal 11 dan 12 Desember 2019 dengan minimal diskon sebesar 35%. Bahkan, tahun sebelumnya Shopee berani menjual barang elektronik, semacam handphone, playstation, dan lainnya dengan harga Rp 12.

Ignatius Untung ketua umum idEA mengatakan bahwa tahun ini menyisipkan satu hari, yakni 11 Desember 2019 sebagai penjualan produk lokal saja, serta hasil bumi lokal. Untung menunjukkan bahwa harbolnas tahun ini ditargetkan mencapai Rp7,8 triliun, menimbang tahun 2018 meraup 6,8 triliun atau sekitar 14,7%.

Diharapkan, harbolnas bisa menjadi acara tahunan yang benar-benar menampung pedagang kecil untuk melebarkan usahanya. Jika ditelisik, harbolnas diikuti oleh perusahaan e-commerce besar. Perusahaan kecil yang baru memulai membuka usaha belum bisa masuk kedalam pagelaran harbolnas. Semoga pada tahun berikutnya terdapat wadah semacam harbolnas, tetapi pesertanya merupakan UMKM atau perusahaan baru agar mereka semakin berkembang.

*M Daniel Rexa Faraz, Mahasiswa Jurnalistik Fikom Unpad. Twitter: daniel_faraz.

AYO BACA : Intip 6 Tip Belanja Tokcer di Harbolnas 2019

Tulisan adalah kiriman netizen, isi tulisan di luar tanggung jawab redaksi.

Ayo Menulis klik di sini

Editor: Redaksi AyoBandung.Com

artikel lainnya

dewanpers